EkonomiHeadlineNasional

Ginandjar Kartasasmita Beri Kuliah Umum Pembangunan Indonesia di Golkar Institute, Singgung Tantangan Ekonomi Digital

231
×

Ginandjar Kartasasmita Beri Kuliah Umum Pembangunan Indonesia di Golkar Institute, Singgung Tantangan Ekonomi Digital

Share this article
EFECFBFEDAA
E5468F6E-385C-423F-B0FE-133D3A2788A3

G24NEWS.TV, JAKARTA  — Politisi senior Partai Golkar, Ginandjar Kartasasmita memberikan Kuliah Umum tentang Pembangunan Indonesia kepada para peserta Executive Education Program for Young Political Leaders Angkatan ke-10 diselenggarakan oleh Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute, Kamis (15/12/2022) di Kantor DPP Partai Golkar.

Dalam paparannya, Ginandjar memulai dengan penjelasan mengenai hakikat dari konsep pembangunan. Ia menjelaskan bahwa pembangunan tidak bisa disederhanakan hanya dengan pembangunan ekonomi. Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan harus berdasarkan prinsip.

“Pembangunan bukan hanya ekonomi, tetapi juga sosial dan politik. Pambangunan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan, kesehatan, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan”, papar Ginandjar.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Indonesia Akan Pastikan Tindaklanjut Keputusan G20

“Tiga prinsip pembangunan yaitu stabilitas, pemerataan, dan pertumbuhan”, ujar Ginandjar.

“Pada masa Pak Harto, pembangunan adalah panglima dari segalanya. Tidak boleh ada yang menghalangi daripada proses pembangunan”, lanjutnya.

Prioritas utama dalam sebuah pembangunan menurut Ginandjar adalah pendidikan, kesehatan lalu kemudian infrastruktur. Selanjutnya, Ginandjar juga menyampaikan tentang perkembangan ekonomi digital. Meski ekonomi digital berkembang pesat, tetapi masih banyak menghadapi tantangan.

“Dalam pembangunan ekonomi digital, beberapa hal yang menjadi tantangan yaitu sumber daya manusia terampil yang masih terbatas, regulasi, infrastruktur, dan lainnya”, kata Ginandjar yang pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri RI.

Baca Juga  PPDB DKI 2023 Dinilai Berpotensi Meningkatkan Angka Putus Sekolah

Diakhir paparannya, Ginandjar juga menegaskan bahwa Partai Golkar selalu menjadi bagian penting dari proses pembangunan Indonesia.

“Sekarang kita adalah tiga besar negara dengan demokrasi tertinggi. Ini terjadi karena kita sudah mengalami proses transisi politik. Kita Golkar selalu berada di dalam proses pembangunan Indonesia”, pungkasnya.(*)

banner 325x300