Politik

Gibran Kampanye di NTB

56
×

Gibran Kampanye di NTB

Share this article
Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ist
Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran kampanye di NTB atau Nusa Tenggara Barat (NTT) dengan mengunjungi wilayah Manggarai Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran berpesan kepada masyarakat Manggarai Barat untuk senantiasa menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan dalam Pilpres 2024.

“Pilihannya boleh beda, yang penting warga sini rukun semua,” kata Gibran dikutip dari Antara.

Gibran yang datang bersama istrinya Selvi Ananda, disambut dengan upacara adat di Rumah Adat Kaper.

Gibran dan Selvi menerima prosesi Pake Reis atau penyambutan tamu istimewa oleh Sanggar Kope Oles.

Tokoh adat memakaikan Gibran peci dan songket khas Manggarai sementara Selvi dipakaikan Bale Belo.

Setelah itu, Gibran menerima tuak sebagai simbol penerimaan tamu. Lalu, Gibran diarak dengan tarian untuk masuk ke rumah adat.

Di dalam rumah adat, Gibran diwakili pemuka agama setempat menjelaskan maksud kedatangan.

Baca Juga  Ratusan Habaib, Kiai dan Ustaz Kampung Gelar Doa Bersama untuk Kemenangan Prabowo-Gibran

Pemuka adat menyambut baik maksud kedatangan putra sulung Presiden Joko Widodo itu dengan mendoakan pasangan calon presiden dan wakil presidwn omor urut 2 Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Usai upacara di dalam rumah adat, Gibran bersama pemuka adat keluar menuju tenda. Di luar rumah adat, masyarakat sudah berkumpul untuk melihat kedatangan Gibran. dan selanjutnya, menyaksikan Tari Tiba Meka.

Di akhir prosesi adat, Gibran turut melakukan Tarian Paki Reis yang diperagakan oleh penari pria sebagai bentuk ketangkasan pemuda daerah dalam menangkis serangan.

Selepas tarian itu, Gibran menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Manggarai Barat atas sambutan baiknya.

“Kami sangat tersanjung dengan penerimaan di sini. Terima kasih sekali bapak ibu. Terima kasih juga untuk para warga atas antusiasmenya walaupun cuaca kurang mendukung, tapi semuanya terlihat antusias sekali,” kata dia.

Baca Juga  DPP Golkar Wilayah Jawa I Mulai Gelar Safari Ramadhan

Gibran yang masih aktif sebagai Wali Kota Surakarta itu mengambil cuti selama berkampanye di NTT.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300