Nasional

Galih Kartasasmita: E-sport Terus Berkembang, Pemerintah Harus Berikan Perhatian Khusus

335
×

Galih Kartasasmita: E-sport Terus Berkembang, Pemerintah Harus Berikan Perhatian Khusus

Share this article
Galih Dimuntur Kartasasmita
Galih Dimuntur Kartasasmita

G24NEWS.TV, JAKARTA – Fungsionaris DPP Partai Golkar Galih Dimuntur Kartasasmita menyatakan perkembangan dunia e-sport harus menjadi perhatian khusus, pemerintah maupun kalangan industri. 

Menurut Galih e-sport kini layak bersanding dengan olahraga populer seperti basket, sepakbola,  badminton, ataupun voli banyak digemari masyarakat. 

E-sport ini harus dikembangkan, diciptakan ekosistemnya yang baik agar bisa berkembang,” ujar Galih. 

Galih, yang kini menjadi bakal calon Legislatif Dapil IX Jawa Barat dari Partai Golkar akhir Februari lalu menggelar Galih E-sport Tournament di Majalengka. Ribuan orang mengikuti acara yang digelar oleh Galih Muda Berkarya, E-sport Majalengka dn HIPMI Majalengka. 

Menurut Galih, pada 2015 ada 809 juta orang yang familiar dengan istilah e-Sport di dunia. Tapi pada  2019 lebih dari 1,57 miliar orang, di seluruh dunia mengetahui dan mengikuti perkembangan e-sport.  Data ini menurut Galih menunjukan perkembangan dunia esport yang cepat dan besar. 

Baca Juga  Bali Jadi Tuan Rumah Major Dota 2, Industri E-Sport Perlu Dukungan Pemerintah

Salah satu tujuan turnamen yang gelar adalah langkah preventif dalam mencegah anak-anak muda dari perilaku negatif seperti tawuran, narkoba, hingga balap liar. 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh GDK (@galihkartasasmita)

“Daripada tawuran, narkoba, balap liar, dan pergaulan negatif lainnya, alangkah baiknya jika anak muda Majalengka main game sambil membawa dan mengharumkan nama daerah maupun negara,” ujar dia. 

Menurut Galih, dunia gaming atau permainan di internet bukan lagi kegiatan tanpa manfaat yang membuang waktu dan uang. Namun saat ini internet gaming sudah menjadi industri dengan banyak pemain profesional yang mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah. 

Sebelumnya pemain game dianggap sosok pemalas dan pengangguran. Namun kini pada era yang serba digital, gamers bisa menghasilkan pundi pundi rupiah melebihi pekerja kantoran. 

Baca Juga  Bawaslu Ajak Generasi Muda Berpartisipasi Aktif di Pemilu 2024

“Lihat saja bagaimana atlet e-Sport pro player, gamers yang live di tiktok maupun di youtube penghasilannya bisa mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah dari bermain game,” ujar dia.  

Galih Esport Tournament ini diikuti ribuan peserta dari seluruh Kabupaten Majalengka. Ada beberapa game yang diperlombakan di antaranya, Mobile Legend, PUBG Mobile, Free Fire, dan Football Pes 2021. 

Para peserta memperebutkan hadiah total jutaan rupiah. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Majalengka, Eman Suherman, Ketua AMPI, Gaban Syahrizal, Ketua PB ESI Majalengka, Dadan Fauzan, dan Ketua Umum KNPI Majalengka, Anto Febrianto, Ketua Umum KONI Majalengka, Bakti Anugrah.

banner 325x300