Lifestyle

Franz von Suppé: Komponis Austria dan Karya-Karyanya

193
×

Franz von Suppé: Komponis Austria dan Karya-Karyanya

Share this article
suppe
Ilustrasi Franz von Suppe/https://pin.it/5OqnYPs

G24NEWS.TV, JAKARTA – Franz von Suppé, seorang komponis Austria pada abad ke-19, dikenal sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam dunia operetta dan komedi musikal. Karya-karyanya yang ceria dan penuh semangat telah menghibur penonton selama bertahun-tahun, dan artikel ini akan memberikan wawasan tentang kehidupan dan karyanya yang luar biasa.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Franz von Suppé lahir pada 18 April 1819 di Split, Dalmatia (sekarang bagian dari Kroasia). Ia lahir dengan nama Francesco Ezechiele Ermenegildo Cavaliere Suppé-Demelli, mencerminkan latar belakang multikulturalnya. Keluarganya memiliki keturunan Belgia, Italia, dan Kroatia. Ayahnya adalah seorang pelayan di Istana Kaisar di Wina, Austria.

Suppé mulai mengejar musik sejak usia dini dan belajar di Konservatori Wina di bawah bimbingan Antonio Salieri. Meskipun ia memiliki ketertarikan pada musik, ia juga belajar hukum di Universitas Wina.

Baca Juga  Melodi Sejarah Piano dan Pemain Legendarisnya

Kariernya dalam Musik

Suppé memulai kariernya sebagai konduktor dan komposer. Ia sering bekerja di teater-teater di Wina dan Berlin. Pada tahun 1840-an, ia mulai menulis musik untuk teater yang terkenal di Wina, termasuk Theater an der Wien dan Carltheater. Karyanya yang paling terkenal adalah operetta komedinya, seperti “Die schöne Galathée” dan “Fatinitza.”

Salah satu karya terkenalnya adalah operetta “Light Cavalry” yang sering dipentaskan hingga saat ini. Karya ini terkenal karena ouverture-nya yang ceria dan energetik.

Baca Juga  Ini DIa Teori Warna: Makna, Pengaruh, dan Manfaatnya

Warisan dan Pengaruh

Franz von Suppé memiliki dampak besar pada perkembangan musik operetta dan komedi musikal. Karyanya menggabungkan unsur-unsur musik yang riang dan ceria dengan unsur humor, yang membuatnya populer di kalangan penonton pada zamannya.

Karyanya telah memengaruhi komponis-komponis berikutnya dan terus diperdengarkan di seluruh dunia. Musiknya yang penuh semangat dan riang membuatnya tetap relevan hingga saat ini.

Franz von Suppé adalah seorang komponis yang brilian dan karyanya yang ceria telah memberikan kebahagiaan kepada banyak orang di seluruh dunia. Ia tetap menjadi ikon dalam dunia operetta dan komedi musikal, dan warisannya tetap hidup dalam karya-karyanya yang indah.

banner 325x300