Politik

Forum Peduli Indonesia Damai Berharap Pemilu 2024 Berlangsung Damai

94
×

Forum Peduli Indonesia Damai Berharap Pemilu 2024 Berlangsung Damai

Share this article
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sejumlah pemuka agama yang tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai berharap Pemilu 2024 berlangsung damai dan menghasilkan pemimpin nasional, baik eksekutif maupun legislatif, yang sesuai dengan harapan.

Harapan tersebut dikemukakan dalam doa bersama komunitas pemuka agama yang juga dihadiri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Depok, Jawa Barat, Jumat (9/2/2024).

“Kami berkumpul dan berdoa untuk bangsa dan negara serta untuk calon-calon pemimpin bangsa,” ucap Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Marsudi Syuhud dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

Selain SBY dan Marsudi, hadir dalam doa bersama itu Ketua Matakin Xs. Budi S. Tanuwibowo, Ketua PGI Pdt. Gomar Gultom, tokoh Katolik Kardinal Ign. Suharyo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen Purn. Wisnu Bawa Tenaya.

Baca Juga  Kaleidoskop 2023: Tarik Ulur Strategi Parpol dan Persiapan Pemilu 2024

Hadir pula pimpinan Majelis Luhur Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (MLKI) Engkus Ruswana dan Pimpinan Spiritual Nusantara Sri Eko Srijanto Galgendu.

“Saya sampaikan kembali bahwa yang terpenting dalam kesuksesan pemilu atau pemilihan presiden dan wakil presiden atau wakil-wakil di DPR adalah masyarakat tetap rukun, teduh, adem, tidak ada bedil-bedilan, kerusuhan,” kata Marsudi.

Dalam doa bersama yang dibacakan secara bergantian itu, menurut Marsudi, para pemuka agama melangitkan harapan agar mereka yang sedang berkontestasi menjadi wakil rakyat, presiden atau wakil presiden membawa maslahat bagi seluruh rakyat serta tidak salah langkah yang malah menyebabkan petaka.

“Pemilu, pilpres memang penting bagi negara kita, tetapi jauh lebih penting adalah keutuhan bangsa. Ada lagi yang jauh lebih bernilai dari kemenangan, yakni sikap satria menjunjung tinggi kebenaran dan kebajikan,” ujarnya.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Pastikan Diplomasi Aktif Terbukti Hindarkan Indonesia Dari Dampak Konflik Geopolitik

Baca juga: Pemuka agama di Indonesia serukan Pemilu jujur, adil, dan bermartabat
Baca juga: Waketum MUI: Kritik hal yang biasa dan menyehatkan demokrasi

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

18 Parpol

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Email: Dharmosastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300