Lifestyle

Fakta Menarik Kesehatan Jantung, Harus Paham!

93
×

Fakta Menarik Kesehatan Jantung, Harus Paham!

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA = Pada zaman serba modern ini, kesehatan jantung menjadi perhatian utama bagi banyak orang. Kita sering mendengar berbagai mitos seputar kesehatan jantung yang beredar di masyarakat. Tidak jarang, mitos-mitos ini membuat kita bingung dan tidak tahu mana yang benar dan mana yang tidak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui fakta-fakta yang sebenarnya agar dapat menjaga kesehatan jantung dengan tepat. Yuk baca artikel ini sampai habis!

Mitos Pertama: Jantung yang sehat hanya berlaku bagi orang yang masih muda.

Faktanya: Meskipun kesehatan jantung dapat terpengaruh oleh faktor usia, bukan berarti hanya orang muda yang perlu memperhatikan kesehatan jantung mereka. Faktor gaya hidup seperti pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan stres juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung seseorang. Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat untuk memulai menjaga kesehatan jantung, bahkan bagi orang yang sudah berusia lanjut.

Baca Juga  [IN-DEPTH]: Menelisik “Gender Gap” dalam Humor, Masih Kentalkah Budaya Patriarki?

Mitos Kedua: Hanya orang dengan riwayat keluarga penyakit jantung yang berisiko terkena penyakit jantung.

Faktanya: Memang benar bahwa faktor genetik dapat mempengaruhi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Namun, gaya hidup juga memainkan peran yang sangat penting. Merokok, pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan stres dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, bahkan jika tidak ada riwayat keluarga yang terkena penyakit tersebut. Jadi, tidak hanya orang dengan riwayat keluarga penyakit jantung yang harus menjaga kesehatan jantung mereka, tetapi semua orang.

Mitos Ketiga: Orang yang sudah memiliki penyakit jantung tidak boleh berolahraga.

Faktanya: Justru sebaliknya, olahraga teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi orang dengan penyakit jantung. Dengan pengawasan medis yang tepat, olahraga dapat membantu memperkuat jantung, meningkatkan aliran darah, dan mengontrol faktor risiko seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Tentu saja, jenis dan intensitas olahraga yang aman harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu.

Baca Juga  Bamsoet Dorong Para Seniman Bali Kuasai Pasar Seni Internasional

Mitos Keempat: Kolesterol tinggi selalu buruk untuk kesehatan jantung.

Faktanya: Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk berfungsi dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) yang baik dan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) yang buruk. Kolesterol HDL membantu membersihkan pembuluh darah dan melindungi jantung, sedangkan kolesterol LDL dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara kolesterol HDL dan LDL dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang aktif.

 

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300