Nasional

Etape Perjalanan Data Pemilih Menuju DPT Pemilu 2024

280
×

Etape Perjalanan Data Pemilih Menuju DPT Pemilu 2024

Share this article
Etape Perjalanan Data Pemilih Menuju DPT Pemilu 2024
Etape Perjalanan Data Pemilih Menuju DPT Pemilu 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA  – Anggota KPU, Betty Epsilon Idroos menjelaskan etape perjalanan data pemilih menuju DPT pemilu 2024

Betty menjelaskan panjangnya perjalanan menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dimulai dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga yang dimutakhirkan dengan Daftar Pemilih Tambahan, didapatkan data terakhir yang dilakukan pencocokan dan penelitian terbatas.

Kemudian, 14 Oktober 2022 KPU mendapatkan DAK2 dan 14 Desember 2022 mendapatkan DP4 yang disinkronisasikan dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

Lalu diturunkan ke satker KPU untuk pencocokan dan penelitian (coklit) hingga ditetapkannya sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 5 April 2023, dan setelah mendapatkan masukan serta tanggapan kemudian ditetapkan DPSHP pada 11-12 Mei 2023.

“Jadi perjalanan menuju DPT sungguh sangat panjang,” tegas Betty.

Baca Juga  Kerja Sama 3 Daerah Malang Raya Percepat Pelaksanaan Program Pembangunan

Setelah menetapkan DPT nantinya, kata Betty, pelayanan data memilih juga akan diperuntukan proses pindah memilih sampai H-7 hari pemungutan suara, termasuk mengurus sistem informasi yang dimiliki KPU baik pengelolaannya dan keamanannya .

Selain itu, manajerial dan pengolahan big data KPU nantinya juga akan menjadi atensi. Pengolahan data menjadi informasi akan meningkatkan kebermanfaatan untuk memperbaiki demokrasi di Indonesia.

Untuk itu, Betty berterimakasih atas kerja keras divisi datin se-Indonesia dan para operator. Betty yakin dengan kerja keras tersebut, data pemilih dapat berkualitas dan dipercaya.

Kepala Seksi Pelayanan Data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Ferry Anggarendra menyampaikan perkembangan data pemilih yang disinkronisasikan dengan data kependudukan baik data meninggal, pindah, dan datang.

Baca Juga  Hoaks dan Ujaran Kebencian Degradasi Kualitas Pemilu

Sebagai informasi, cekdptonline.kpu.go.id merupakan situs web yang disediakan KPU untuk mengecek hak pilih dan jika belum terdaftar KPU mengarahkan pemilih untuk mendaftarkan diri melalui laporpemilih.kpu.go.id.

Betty mengapresiasi kerja-kerja satker KPU yang sudah hampir menyelesaikan data pemilih ganda baik antar provinsi dan kegandaan data dalam negeri dengan luar negeri.

Betty meminta agar satker terus memeriksa dan perbaikan kembali data ganda guna meminimalisir pemilih lebih dari satu dalam satu nama di cekdptonline.kpu.go.id.

Kerja-kerja menuju DPT ini juga paralel dengan kerjaan teknis sehingga, kata Betty, pentingnya manajerial waktu sehingga target dapat tercapai menghasilkan data yang lebih baik dari pemilu sebelumnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300