Headline

Erwin Aksa Minta Pengembangan SDM Sesuai dengan Kebutuhan Industri

1274
×

Erwin Aksa Minta Pengembangan SDM Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Share this article
Waketum TKN Prabowo-Gibran Erwin Aksa yang juga Caleg DPR Partai Golkar dari Dapil Jakarta III. Foto: Ist
Waketum TKN Prabowo-Gibran Erwin Aksa yang juga Caleg DPR Partai Golkar dari Dapil Jakarta III. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa meminta peningkatan kapasitas sumber daya manusia harus dilakukan pada semua bidang, sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga tenaga kerja yang dihasilkan bisa terserap dan tidak ada lagi sektor yang kekurangan tenaga kerja. 

Erwin Aksa, kini menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR Partai Golkar dari Daerah Pemilihan Jakarta III meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu.

Menurut Erwin, harus ada keseimbangan pendidikan tenaga kerja untuk mengisi sektor-sektor industri. Jangan sampai terjadi suplai tenaga kerja ternyata beda keterampilannya dengan yang dibutuhkan industri. 

Baca Juga  Airlangga Ditunjuk Jadi Ketua Satgas Peningkatan Ekspor Nasional

Saat ini, menurut Erwin kondisinya adalah di satu sisi suatu sektor industri bisa kekurangan tenaga kerja, namun di sisi lain bisa kelebihan. 

“(tenaga kerja kita) under di satu sektor, over di sektor lain,” ujar Erwin. 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ERWIN AKSA (@erwinaksa.dki)

Di sektor-sektor yang kekurangan tenaga kerja terampil inilah masuk tenaga kerja asing. Mereka mengisi sektor tersebut hingga menyebabkan tenaga kerja lokal terpinggirkan. 

Namun sebenarnya jika mempunyai kapasitas sama, maka sektor tersebut juga bisa dimasuki oleh tenaga kerja lokal.  

“Kita ingin pendidikan di Indonesia ini berbasis vokasi, minat. Tapi juga harus melihat, apa yang dibutuhkan oleh lapangan kerja,” ujar dia.

Baca Juga  Erwin Aksa Optimistis Prabowo-Gibran Raih 60% Suara di Sulsel

“Jadi kita harus mendidik agar mereka bisa diserap lapangan kerja,” lanjut dia. 

Menurut Erwin, pengembangan sumber daya manusia saat ini adalah prioritas pembangunan. Karena itu sektor pendidikan harus dibenahi agar menghasilkan SDM yang mampu berinovasi, unggul dan memiliki daya saing tinggi.

“Sebagai bangsa yang kuat, kita harus progresif dan melihat berbagai macam peluang agar sektor investasi dan lapangan kerja bisa beriringan agar pembangunan Indonesia bisa terus bertumbuh dengan baik,” ujar dia. 

banner 325x300