Politik

Empat Kecamatan di Jaksel Rampungkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

50
×

Empat Kecamatan di Jaksel Rampungkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Share this article
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Empat kecamatan di Jakarta Selatan (Jaksel) telah menyelesaikan rekapitulasi suara untuk Pemilu 2024 sehingga masih tersisa enam daerah lainnya.

“Yang sudah selesai rekapitulasi itu Kecamatan Cilandak, Mampang Prapatan, Pancoran dan Kebayoran Lama,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan (KPU Jaksel) menyatakan bahwa KPU Jaksel Muhammad Taqiyuddin di Jakarta Kamis (29/2/2024).

Ia mengatakan, untuk Kecamatan Kebayoran Lama sudah selesai, namun hanya tinggal menunggu diplenokan terlebih dahulu, sehinggan pada Kamis ini dipastikan selesai.

Taqiyuddin menjelaskan, bahwa sisa enam kecamatan lagi yang masih belum menyelesaikan rekapitulasi suara namun, dapat dipastikan sebelum batas akhir rekapitulasi sudah bisa diselesaikan.

Baca Juga  Bamsoet Tegaskan Netralitas TNI-Polri Mutlak Demi Pemilu Damai

“Untuk yang lainnya masih finalisasi, maksimal rekapitulasi tingkat kecamatan itu 2 Maret 2024,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Taqiyuddin memastikan, rekapitulasi di tingkat kecamatan memang cukup lama karena terdapat sejumlah dinamika yang harus diselesaikan pada saat itu juga.

Menurut dia, ada beberapa kesalahan penjumlahan, salah memasukkan suara dan salah menentukan pemilih laki-laki atau perempuan, itu semua dibahas serta diselesaikan di tingkat kecamatan.

“Untuk kendala petugas di tingkat kecamatan itu beragam, sehingga rekapitulasi juga berjalan cukup lama,” katanya.

Baca Juga  Bawaslu Keluarkan 10 Ribu Lebih Surat Imbauan

Taqiyuddin menambahkan, rekapitulasi tingkat kecamatan dimulai dari 15 Februari 2024 sampai batas akhir 2 Maret 2024.

“Sementara untuk rekapitulasi tingkat kota akan dilaksanakan pada 3 sampai 5 Maret 2024,” katanya.

Baca juga: KPU Jaktim mulai rekapitulasi suara di tingkat kecamatan

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300