EkonomiHeadlineVideo

Ekonomi Kuat, Politik Stabil, Indonesia Siap Hadapi 2023

362
×

Ekonomi Kuat, Politik Stabil, Indonesia Siap Hadapi 2023

Share this article
ekonomi kuat politik stabil indo
ekonomi-kuat-politik-stabil-indo

G24NEWS.TV, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pada tahun 2022 ini, negara Indonesia mengungguli negara lain dalam hal ekonomi dan politik.

“Di tahun 2022, Indonesia mengungguli kebanyakan negara lain, dasar-dasar ekonomi makro kita kuat dan kondisi politik kita stabil,” kata Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini.

Salah satu keberhasilan Indonesia, kata Airlangga adalah menjaga harga bahan pokok tetap stabil.

“Dan ini untuk mencegah dan menjaga harga-harga supaya tetap stabil dan tentu meredam dari gejolak keuangan dan energi global,” imbuhnya.

Pada triwulan ketiga tahun ini, ekonomi Indonesia tumbuh 5,72 persen.

Menurut Airlangga, sektor industri non migas menjadi penyumbang terbesar perekonomian nasional, terutama industri mesin dan peralatannya, industri barang logam, komputer, elektronik, peralatan optik dan elektrikal hingga industri alat transportasi.

Baca Juga  Menko Airlangga: Industri Alat Angkut Tumbuh 10,95 Persen di Triwulan IV-2022

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan bahwa sektor ekonomi digital juga tumbuh baik di tahun ini dengan pertumbuhan volume barang dagang sebesar 22 persen.

Dengan kondisi ini, Airlangga berharap pertumbuhan ekonomi harus dirasakan oleh rakyat kecil, dan ramah lingkungan, inklusif dan berkelanjutan.

“Itulah tujuan yang ingin kita capai,” harapnya.

“Pemerintah, masyarakat swasta dan para pemangku kepentingan di Indonesia perlu sepakat untuk mengutamakan kebutuhan rakyat banyak,” kata dia lagi.

Menurut Airlangga  Golkar akan selalu proaktif mendengarkan dan mencari tahu hal-hal yang menjadi aspirasi rakyat.

Baca Juga  Raski Mokodompit Dorong Sinergitas Kader Golkar Jelang Pemilu 2024

“Apapun yang kita lakukan keberhasilan pembangunan ekonomi selalu bertujuan untuk kesejahteraan rakyat dan memenuhi kebutuhan manusia untuk bekerja dan berkarya,” jelasnya.

Terkahir, Airlangga juga mengimbau bahwa pihaknya akan selalu berada di garda terdepan secara domestik dan internasional untuk siap menghadapi tahun 2023 dengan optimis, namun tetap waspada.

“Pemerintah Indonesia juga terus mendorong percepatan pembangunan berkelanjutan berbasis ekonomi industri, teknologi hijau, semua dilakukan sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo tentunya sejalan dengan landasan Partai Golkar yaitu membangun untuk semua,” pungkasnya.

 

banner 325x300