Ekonomi

Dyah Roro Esti Apresiasi Smelter Freeport Buka Lapangan Kerja Baru Besar-besaran

255
×

Dyah Roro Esti Apresiasi Smelter Freeport Buka Lapangan Kerja Baru Besar-besaran

Share this article
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar, Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

G24NEWS.TV, JAKARTA — Dyah Roro Esti, Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar, mengapresiasi PT Smelting dan PT Freeport Indonesia yang membuka lapangan kerja baru, terutama bagi masyarakat Gresik, Jawa Timur.

Dia mengatakan PT Smelting telah melakukan proses rekruitmen dengan pemanfaatkan Sumber Daya Manusia lokal yang berada di sekitar daerah operasional pabrik perusahaan.

“Dengan mengoptimalkan SDM lokal ini, harapnya, dapat meningkatkan ekonomi dan daya beli masyarakat,” jelasnya, seperti dikutip dari laman resmi DPR RI, Selasa (28/3/2023).

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Kerja Komisi VII dengan PT Smelting dan PT Freeport Indonesia di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/03/2023).

Dia mengatakan pihaknya mendapat informasi bahwa ada sekitar 2170 pelamar, tetapi sebanyak 1700 itu gugur, jadi menyisakan sekitar 470 kandidat.

Baca Juga  Uji Coba Makan Siang Gratis, SMPN 2 Curug Tangerang Undang Airlangga Hartarto

“Dan kandidat-kandidat yang sudah terseleksi yang saya dapat info ini adalah dari daerah yang terkena dampak langsung dari kegiatan operasional,” ujar Roro.

Dyah Roro Esti mendapatkan tugas sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode tahun 2019-2024 dari Fraksi Partai Golongan Karya.

Dia menjabat sebagai anggota legislatif dari partai berlambang beringin setelah mendapatkan dukungan dari warga di daerah pemilihan Jawa Timur X, Kabupaten Gresik dan Lamongan.

Smelter Freeport Buka Lapangan Kerja Baru

Lebih jauh, dia menjelaskan kandidat-kandidat terseleksi tersebut berasal dari dua kecamatan dan sembilan desa untuk bekerja di smelter Freeport yang merupakan bagian dari program hilirisasi pertambangan.

Baca Juga  Pemerintah Perkuat Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi

Pertama, di Kecamatan Bungah tepatnya di desa Bedanten, Tanjungwidoro, Kramat dan Watuagung.

Kedua, di Kecamatan Manyar, yakni di desa Karangrejo, Banyuwangi, Manyarejo, Manyar Sidomukti dan Manyar Sido Rukun.

“Kami pada dasarnya apresiasi bahwa ini memang betul-betul merekrut tim sumber daya manusia yang berada di lingkaran inti dari operasional yang saat ini sedang berjalan,” tambahnya.

Di sisi lain, Roro juga menyampaikan aspirasi dari warga mengenai kelanjutan proses rekruitmen tersebut.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, rekruitmen ini dimulai dari 15 Februari dan saat ini telah memasuki tahap akhir wawancara.

Dia meminta penjelasan PT Smelting dan PT Freeport Indonesia mengenai kejelasan waktu pengumuman pasca-tahap wawancara.*

Email: Nyomanadikusuma@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300