Daerah

Dyah Roro Dorong Jumlah Pekerja Perempuan di PT Smelting

334
×

Dyah Roro Dorong Jumlah Pekerja Perempuan di PT Smelting

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mendorong peningkatan keterwakilan pekerja perempuan pada PT Smelting yang terletak di daerah pemilihannya di Gresik, Jawa Timur.

Menurut Roro, adanya PT Smelting yang kini sedang menggarap pekerjaan ekspansi untuk meningkatkan kapasitas produksi smelter tembaga 30 persen dari kapasitas sebelumnya memberikan dampak ekonomi yang tinggi bagi masyarakat sekitar.

“Oleh karena itu butuh kebijakan khusus dari perusahaan-perusahaan tersebut terhadap pekerja lokal maupun masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik, atau fasilitas industri ini. Karena kebetulan saya sudah berkali-kali menyerap aspirasi masyarakat terkhusus para buruh juga menanyakan berbagai macam hal, mengenai bagaimana keterlibatan mereka, keterwakilan perempuan,” ujar Roro.

Baca Juga  Gus Adhi: Program PTSL Beri Jaminan Kepastian Hukum Kepemilikan Tanah

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut mengutarakan harapannya agar dapat dilakukan peningkatan sumber daya manusia pada pekerja, khususnya pekerja yang berasal dari masyarakat lokal Gresik.

Sehingga multiplier effect dari adanya pabrik peleburan dan pemurnian tembaga pertama di Indonesia tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Tadi juga saya menegaskan bahwa tolong untuk peluang pekerjaan untuk para perempuan juga bisa ditingkatkan, lalu kemudian jika ada training khusus baik itu untuk perempuan ataupun lintas gender, intinya keseluruhan, juga dapat dilakukan. Saya mohon akan dilakukannya peningkatan SDM di wilayah Gresik terkhusus di ring 1 hingga ring 2 nya, dan saya berharap sekali bahwa terciptanya multiplier effect dari keberadaan industri ini,” harapnya.

Baca Juga  Fungsionaris Partai Golkar DKI Jakarta: Peran Perempuan dalam Politik Bukan Sekadar Pelengkap   

Diketahui, hingga saat ini total 80 persen pekerja di PT Smelting merupakan pekerja lokal yang berasal dari Gresik dan sekitarnya. Sementara, keterwakilan pekerja perempuan masih sebanyak 10 persen dari total pekerja.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300