Politik

Dukungan Prabowo-Gibran Kuat di Jatim

51
×

Dukungan Prabowo-Gibran Kuat di Jatim

Share this article
Prabowo Bikin Kejutan Datangi Rumah Warga di Cilincing Jakarta
Prabowo Bikin Kejutan Datangi Rumah Warga di Cilincing Jakarta
G24NEWS.TV, JAKARTA – Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengatakan dukungan Prabowo-Gibran kuat di Jatim karena koalisi partai.
“Kuatnya Prabowo-Gibran di Jawa Timur memang ditopang mesin politik, yakni Gerindra, Demokrat, dan Golkar, ketiga partai ini termasuk kuat,” kata Ahmad Khoirul Umam dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.
Khoirul mengemukakan bahwa koalisi gemuk di belakang Prabowo-Gibran memungkinkan pasangan calon nomor urut 2 itu meraup suara dari berbagai kalangan di Jawa Timur, termasuk pesantren.
Kekuatan Prabowo-Gibran di Jawa Timur juga didukung oleh mantan pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang masuk ke Gerinda.
“Mesin politik Gerindra Jatim sendiri lebih banyak dijalankan oleh jaringan politisi bekas PKB yang dahulu memisahkan diri (mufaroqoh) ketika terjadi konflik internal di PKB,” jelas dia dikutip dari Antara.
Selain itu, menguatnya Prabowo-Gibran di Jawa Timur didukung oleh pengaruh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang makin terbuka memberikan dukungannya kepada pasangan Prabowo-Gibran.

Oleh karena itu, dia yakin kuatnya dukungan terhadap Prabowo-Gibran di Jatim akan membantu mereka memenangi Pilpres 2024.

Baca Juga  Rabu Kuning Golkar: Pakai Baju Kuning di Hari Rabu, Siap-Siap Dapat Kuota Internet Gratis

“Jika ada paslon bisa menggabungkan mayoritas jaringan politik nasionalis dan politik santri di Jatim, besar kemungkinan paslon itu akan memenangi kontestasi pilpres di tingkat nasional,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Baca Juga  Maman Abdurrahman: Hitung Cepat Lembaga Survei Tunjukkan Target Caleg Golkar Tercapai

Editor: Lala Lala

banner 325x300