DaerahHeadline

DPR Pastikan Persiapan Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Siap 100 Persen

244
×

DPR Pastikan Persiapan Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Siap 100 Persen

Share this article
foto bersama acara
WhatsApp-Image-2022-12-18-at-07.34.07-1

G24NEWS.TV, MAKASSAR  — Komisi VI DPR RI melakukan pengawasan persiapan transportasi libur Natal dan Tahun Baru 2023 yang diselenggarakan oleh BUMN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Muhammad Sarmuji mengatakan penting untuk memastikan transportasi libur Natal dan Tahun Baru 2023 siap menghadapi lonjakan penumpang.

“Kita ingin lihat bagaimana proses persiapan BUMN Transportasi dalam menyiapkan segala buat rakyat, karena bagi kami yang terpenting adalah keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi faktor penting dalam setiap perjalanan,” kata Sarmuji seperti keterangannya, Minggu (18/12).

Pada kunjungan itu, Sarmuji mengungkapkan, membahas terkait highlight kesiapan Angkasa Pura I, Pelni dan Damri dalam menghadapi tingginya perjalanan di akhir tahun baik secara nasional maupun yang dilakukan secara khusus di wilayah Sulawesi Selatan. Untuk itu, berharap terciptanya lebih banyak sinergi BUMN untuk mendukung pergerakan masyarakat.

Baca Juga  Legislator Perempuan Golkar, Hetifah Sjaifudian Tekankan Masyarakat Sebagai Komponen Terpenting dalam Pembuatan Kebijakan

Sarmuji asal Fraksi Partai Golkar menilai, persiapan menghadapi liburan Nataru ini hampir mencapai 100 persen. Menurut Sarmuji, sisa beberapa lagi persiapan harus dimantapkan sebelum masyarakat benar-benar menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Soal kesiapan BUMN khususnya transportasi menghadapi libur Natal dan tahun baru, Alhamdulillah semua kesiapan mereka sudah mendekati 100%. Ini berita baiknya, pelaksanaan liburan kali ini mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang hingga tujuan,” kata Sarmuji.

Dia menjelaskan, pada kunjungan itu pihaknya ingin mengawasi terkait penyaluran penjaminan kredit dan UMKM dan asuransi sehingga dilakukan pertemuan dengan Indonesia Financial Group (IFG), Dirut Jasindo, Askrindo, Jamkrindo, Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, Direktur utama Bahana Pembina Usaha Indonesia (BPUI) dan Jasa Raharja.

Politisi asal Dapil Jawa Timur VI ini menjelaskan, sinergi dengan pihak terkait perlu dilakukan sejak awal pada proses penjualan tiket, tak hanya saat pengangkutan masyarakat. Baginya, dengan transportasi lebih nyaman dan menjamin keselamatan membuat masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Partai Golkar Fokus Bangun Koalisi Besar

“Kita menekankan adanya sinergi BUMN, malah bukan hanya di hilir tetapi di hulu sejak dalam pemasarannya. Misalkan kalau di Makassar, bisa sinergi BUMN antara Pelni dengan Damri. Setelah diangkut dari laut oleh Pelni kemudian diteruskan oleh Damri,” ujar Sarmuji.

“Sehingga sinerginya sejak awal jadi bukan di akhir. Sejak awal kita sudah punya gambaran, kita setelah naik transportasi laut kemudian transportasi daratnya pakai apa? Ini kan rasa nyaman itu menjadi ada dan kalau rasa nyaman itu ada, itu akan sangat mengurangi keinginan untuk memiliki mobil pribadi atau membawa mobil pribadi,” sambungnya.

 

 

banner 325x300