HeadlinePolitik

Dipercaya Jadi Wakil Ketua PSSI dan Komisaris Bank Mandiri, Ini Profil Zainudin Amali

250
×

Dipercaya Jadi Wakil Ketua PSSI dan Komisaris Bank Mandiri, Ini Profil Zainudin Amali

Share this article
Politisi Senior Partai Golkar Zainudin Amali. Foto: Ist
Zainudin Amali menyatakan sudah tak lagi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah surat pengunduran dirinya resmi diterima Presiden Jokowi. foto: ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Dalam satu bulan terakhir, bisa menjadi masa sibuk bagi Zainudin Amali karena menempati dua posisi baru, sekaligus meninggalkan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga, bersamaan.

Pada tanggal 16 Februari lalu, politisi Partai Golkar ini dipilih menjadi Wakil Ketua I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Beberapa hari setelah diresmikan menjadi Wakil Ketua I PSSI, dia memberikan kabar ke publik akan mundur dari jabatan Menpora untuk fokus mengurusi sepak bola nasional.

Surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo akhirnya dikirimkan tanggal 9 Maret 2023 dan disetujui secara resmi akhir pekan lalu.

Kemudian, tanggal 14 Maret 2023, pemegang saham BUMN perbankan, PT Bank Mandiri Tbk, melalui RUPST mengumumkan Zainudin Amali diangkat menjadi Komisaris Independen.

Baca Juga  Golkar Partai Tengah, Komitmen Merawat Kebhinekaan Bangsa

Profil Zainudin Amali

Siapa sebenarnya sosok Zainudin Amali? Simak profilnya berikut ini, seperti diolah dari berbagai sumber.

Zainudin Amin berdarah asli putra Gorontalo. Dia adalah salah satu kader senior dari Partai Golongan Karya (Golkar) yang telah berpengalaman dalam dunia politik dan kebijakan publik di Indonesia.

Di Golkar sejumlah posisi strategis pernah dipercayakan padanya, mulai dari Ketua DPP partai periode 2014–2019.

Dia juga pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Golkar selama empat periode atau selama 20 tahun, yaitu dari Pemilu 2004, 2009, 2014 dan 2019.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, dia mengundurkan diri dari DPR RI karena diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga oleh Presiden Joko Widodo untuk periode 2019–2024, tetapi dia mundur di awal tahun 2023.

Baca Juga  Pemilu 1 Putaran Hemat Anggaran Rp17 Triliun

Menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri Buhu Gorontalo, melanjut ke SMP Negeri I Manado dan SMA Negeri 4 Manado.

Dia meraih gelar diploma dari Akademi Perbankan dan Akuntansi, Jakarta, lulusan tahun 1986. Kemudian, Sarjana Ekonomi dari STIE Swadaya, Jakarta, lulusan tahun 1992.

Magister sains di bidang Kebijakan Publik dari Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta lulus tahun 2016.

Doktor di bidang Ilmu Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jakarta, lulus tahun 2019.

Zainudin Amin juga menjadi Profesor Kehormatan di bidang Ilmu Kebijakan Olahraga dari Universitas Negeri Semarang tahun 2022.*

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300