Karya dan Gagasan

Dijuluki Marschitect, Seniman Indonesia Vera Mulyani Perancang Kota Mars Pertama di Dunia

275
×

Dijuluki Marschitect, Seniman Indonesia Vera Mulyani Perancang Kota Mars Pertama di Dunia

Share this article
Marschitect pertama di dunia Vera Mulyani. Foto: Mars City Design
Marschitect pertama di dunia Vera Mulyani. Foto: Mars City Design

neG24NEWS.TV, JAKARTA – Para ilmuan mengatakan hingga saat ini Mars adalah planet yang paling memungkinkan untuk hidup, setelah Bumi dari miliaran jumlah planet yang ada di galaksi.

Nah, planet Mars dinilai bisa menjadi alternatif tempat tinggal jumlah manusia yang terus bertambah di Bumi, bahkan ketika terjadi sesuatu di Bumi.

Namun, tentu saja butuh teknologi agar manusia bisa hidup di Mars yang sering disebut dengan Planet Merah ini.

Tidak hanya para astronom alias ilmuan seputar ruang angkasa, ternyata para arsitek juga telah memulai untuk mencari design rumah dan kawasan pemukiman yang pas untuk ditinggali manusia kelak.

Uniknya, desain ini tidak hanya bisa digunakan nanti ketika manusia telah pindah ke Mars, tetapi sebenarnya juga bisa digunakan untuk menghadapi dampak perubahan iklim besar-besar di Bumi.

Arsitektur pertama yang memperkenalkan Desain Kota di Mars (Mars City Design) ternyata arsitek keturunan Indonesia.

Seperti dilansir dari Universe Today, Mars City adalah sebuah platform inovasi dan desain yang didirikan oleh arsitek dan pembuat film Vera Mulyani.

Lahir di Jakarta

Vera lahir di Jakarta, Indonesia pada tahun 1985 lalu. Saat berusia, 15 tahun dia sudah bekerja menjadi penerjemah majalan eropa. Bakat seninya sudah mulai terlihat sejak itu, sehingga dia menerima tawaran untuk pindah dan meningkatkan kreatifitasnya di Perancis.

Dorongannya untuk pindah ke Perancis semakin besar, di tengah terjadinya krisis moneter dan politik di Indonesia tahun 1998. Pada tahun itu, akhirnya dia pindah ke Perancis melanjutkan pendidikan seni.

Baca Juga   Seni Akting: Menjelaskan Perkembangan dan Manfaat

Vera Mulyani adalah seorang arsitek, pembuat film, penulis anak-anak kelahiran Indonesia yang dibesarkan di Perancis, serta Pendiri dan CEO Mars City Design, sebuah platform kolaboratif yang dibuat untuk mengeksplorasi konsep kelayakan huni dan keberlanjutan di Mars dan juga Bumi.

Vera Mulyani dijuluki dengan sebutan Marschitect pertama di dunia. Dia lulusan Ecole d’ Architecture de Nantes di Perancis, bidang Architecture, Landscape and Urban Design tahun 2001.

Setelah lulus, dia bekerja di perusahaan arsitek milik Rudy Ricciotti di Perancis Selatan, sehingga dia berkesempatan mendesain vila terbesar di Perancis, termasuk proyek Museum Louvre-Lens, di Lens, Pas-de-Calais, Prancis Utara.

Dalam perjalanan karirnya, dia mulai memiliki karakter dalan karyanya, yaitu Kota Daur Ulang, yaitu mendesain kembali kota-kota di dunia yang rusak akibat industrialisme menjadi zona hijau berkelanjutan.

Dari Perancis, dia pindah ke Los Angeles, California, Amerika Serikat. Dari Kota Daur Ulang, dia merancang bangunan dan kota lebih spesifik lagi. Tidak tanggung-tanggung, dia memilih mendesain kota di luar planet Bumi, yaitu Mars.

Kota di Mars Untuk Manusia

Salah satu desain kota di Planet Mars karya Marschitect <yoastmark class=

Kemudian, mendirikan Mars City Design tahun 2015, sebagai perencanaan dan desain kota pertama manusia di Mars.

Laman resmi Mars City Design menunjukkan untuk menggali potensi arsitek merancang kota di Mars, Mars City Design menggelar kompetisi tahunan.

Baca Juga  Sudah Ada Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah

Sejak tahun 2015, kejuaraan ini telah memengaruhi pengembangan konsep kehidupan berkelanjutan Mars di seluruh dunia dengan total lebih dari 100 Juta tayangan global.

Karakter desainnya adalah praktis, fungsional dan yang pastinya artistik, serta memperhitungkan unsur kebutuhan manusia.

Jikapun tidak digunakan di Mars, maka rancangan Vera Mulyani juga memberikan gambaran kepada manusia mengenai cara hidup di planet ekstrem. Termasuk, menghadapi suhu yang tidak biasa dan badai yang tidak biasa akibat perubahan iklim di bumi.

Dalam sejumlah wawancara di media internasinal, Vera Mulyani mengatakan dia membangun prototipe dari kota yang berkelanjutan di Mars. Dia mempertimbangkan sumber daya alam yang ada di Mars untuk membangun kota.

Vera meyakini dengan berbagai penelitian dan perencanaan yang dilakukan, Mars City Design akan dapat membangun kota pertama di Mars. Dia mengatakan karya itu adalah sebuah evolusi peradaban manusia dan sebuah kemajuan dunia.

Seperti prediksi sejumlah ilmuan, jelasnya, jutaan manusia akan hidup di Mars pada tahun 2100. Pada saat yang sama, kondisi Planet Bumi diperkirakan juga telah berubah akibat perubahan iklim ekstrim.

Dengan adanya perencanaan, dia mengatakan manusia tidak akan melakukan keselahan yang sama di Mars. Rancangan yang dihasilkannya akan tetap mempertahankan komunitas dan penempatan seluruh sumber daya.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

 

banner 325x300