Politik

Dicari Bacaleg Perempuan Wakili Golkar di Ternate!

231
×

Dicari Bacaleg Perempuan Wakili Golkar di Ternate!

Share this article
Ketua Bapilu DPD Golkar Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus. Foto: Golkar Indonesia
Ketua Bapilu DPD Golkar Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus. Foto: Golkar Indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Badan Pemenang Pemilu Dewan Pimpinan Daerah Golkar Maluku Utara masih membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif atau Bacaleg perempuan.

Ketua Bapilu DPD Golkar Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus meminta DPD Golkar Kota Ternate, untuk segera mencukupi kuota Bacaleg perempuan.

“Saya tegaskan, tidak ada tawar-menawar atas syarat kuota Bacaleg perempuan,” jelasnya, di acara konsolidasi Pemenang Partai Golkar, untuk Pemilu 2024 di Maluku Utara, di Red Star Resto Ternate, Minggu (12/3/2023), seperti dilansir dari laman Golkar Indonesia.

Ahmad Hidayat mengatakan hingga saat ini masih ada delapan orang Bacaleg perempuan atau masih jauh dari kuota minimal 30 persen.

Ternate Baru Ada 8 Calon Perempuan

Padahal, jelasnya, kuota paling sedikit 30 persen perempuan harus segera tercukupi, tetapi DPD Golkar Kota Ternate belum memenuhi syarat tersebut.

Baca Juga  Ketua Golkar Medan Harap Lebih Banyak Rangkul Perempuan Milenial

“Pemilu 2024 kian dekat, karena itu harus cepat cari figur calon wakil rakyat dari perempuan. Bagaimana tidak, DPD Golkar Kota Ternate baru mengoleksi 8 Bacaleg perempuan,” tambahnya.

Dia menjelaskan Bacaleg dari Dapil 2 baru ada 3 peserta pemilu perempuan, Dapil 3 baru ada dua bakal calon legislatif dan Dapil 4 hanya 3 bakal calon.

“Saya minta segera ditertibkan, hukumnya harus tidak ada tawar-menawar. Perempuan di sini (Ternate-red) banyak, tapi kuota belum terpenuhi,” tegas Ahmad Hidayat Mus.

“Jangan anggap enteng dengan hal-hal seperti ini, mau jadi atau tidak jadi harus terisi,” tutupnya.

Penuhi Kuota Minimal 30%

Sebelumnya, Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) mendorong Partai Politik untuk memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan di Parlemen.

Baca Juga  Sekretaris Golkar Jabar Ajak Perempuan Melek Politik

Partai Politik juga diminta memberikan prioritas nomor urut satu bagi kader perempuan yang memang memiliki kualitas dan potensial dalam daftar calon anggota legislatif.

KPPI merupakan perwakilan politisi perempuan dari semua Partai Politik di Indonesia yang aktif mendorong peningkatan peran perempuan dalam dunia politik, sehingga dunia politik Indonesia semakin sehat dan adil.

Rakernas KPPI akhir tahun 2022, menghasilkan tujuh poin rekomendasi yang berisikan kebijakan dan afirmasi bagi kader perempuan di Partai Politik pada kontestasi Pemilu Legislatif.*

Penulis: Nyoman Adiikusuma
Editor: Administrator G24News

banner 325x300