Politik

Desain Surat Suara Butuh Ketelitian dan Kecermatan

151
×

Desain Surat Suara Butuh Ketelitian dan Kecermatan

Share this article
Desain Surat Suara Butuh Ketelitian dan Kecermatan
Desain Surat Suara Butuh Ketelitian dan Kecermatan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota KPU Idham Holik menyatakan pembuatan desain surat suara perlu ketelitian dan kecermatan agar mudah dipahami dan digunakan.

Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan penyusunan dan Pendokumentasian Hasil Akhir Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Bakal Calon, Persiapan Penarikan Nama Daerah Pemilihan serta Finalisasi Kembali Tanda Gambar dan Nama Partai Politik pada Surat Suara Pemilu Tahun 2024.

Dalam sambutan, Idham mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan  yang penting ini, mengingat hari pemungutan suara sudah semakin dekat. Idham pun berharap desain akan semakin  baik lagi dalam melayani Pemilih, terutama pemilih disabilitas.

Idham mengingatkan terkait jumlah template Surat Suara yang akan dikeluarkan KPU, yakni sebanyak 2.748 jenis. Oleh karena itu,  ketelitian serta kecermatan sangat dibutuhkan.

“Kita semua akan memasuki pekerjaan-pekerjaan yang sangat serius, maksudnya kita perlu kecermatan, ketelitian dan ketepatan karena kita akan memindahkan  nama daftar bacaleg dari  formulir model daftar bacaleg dalam desain surat suara,” kata Idham.

Baca Juga  Golkar Jatim Bahas Strategi Menangkan Pemilu 2024

“Bahwa apa yang sedang kita kerjakan saat ini merupakan sesuatu yang sangat krusial. Jika time linenya bergeser sedikit saja,  maka akan ada rangkaian panjang. Oleh karena itu, kepala biro teknis harus merancang desain surat suara  ini, sudah sampai  bisa terproduksi,” Lanjutnya.

Senada dengan Idham, Wima juga mengingatkan tentang kerja KPU harus tepat, cermat, cepat dan akurat, mengingat waktu tahapan yang  saling beririsan.

Wima berpesan, keputusan terkait desain surat suara segera diselesaikan, karena kalau tidak selesai proses  pengadaannya,  tidak akan bisa dilaksanakan karena tidak ada dasar hukumnya.

Sebelumnya, Melgia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk t memudahkan proses Pengisihan Daftar  Data Calon di Dalam Surat Suara baik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden,  Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota serta memudahkan untuk pembuatan alat bantu disabilitas netra.

Baca Juga  Disinformasi Pemilu, Hati-Hati Bermedia Sosial

“Ini semua akan berhasil, jika kita semua mempunyai semangat  yang sama dalam menyukseskan tahapan Pemilu serentak 2024,” tegas Melgia.

Kegiatan ini melibatkan narasumber praktisi desain, praktisi grafika, praktisi kalkulasi cetak dan dari pusat pemilihan umum akses disabilitas netra.

Turut hadir, Pejabat Eslon III dan IV Setjen KPU, Tenaga Ahli KPU dan Praktisi Desain Ahmad Muhajir, Praktisi Kalkulasi Produksi Cetak Laurentius Prambodo dan Praktisi Grafika Syaiful Imam serta perwakilan dari PPUA.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300