HeadlinePolitik

Debat Pilpres Ketiga, Prabowo: Pertahanan Kuat Jaga Kehormatan dan Kepentingan Nasional

52
×

Debat Pilpres Ketiga, Prabowo: Pertahanan Kuat Jaga Kehormatan dan Kepentingan Nasional

Share this article
Capres 2024 nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Tangkap layar siaran langsung acara di Garuda TV
Capres 2024 nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Tangkap layar siaran langsung acara di Garuda TV

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon Presiden RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengatakan dengan pertahanan yang kuat, Indonesia akan menjadi negara yang dihormati dan mampu  menjaga kepentingan nasional.

Dia mengatakan dari berbagai aspek dan ilmu pengetahuan juga telah membuktikan bahwa dasar kekuatan nasional adalah kekuatan militer.

Tanpa kekuatan militer, jelasnya, sejarah peradaban manusia mengajarkan bahwa bangsa itu akan dilindas, seperti di Gaza sekarang ini. Negara yang lemah akan diambil kekayaannya akan diusir dari airnya.

“Tidak bisa tidak kita harus kuat, kita harus kuat,” papar Prabowo, dalam debat Pilpres ketiga, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam..

“Saudara-saudara sekalian, saya sebagai Menteri Pertahanan berpegang kepada doktrin kepada strategi nasional dan semuanya adalah atas dasar kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia,” sambung Prabowo.

Dia mengemukakan sistem pertahanan dan keamanan Indonesia harus kuat untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia, mulai dari ancaman keamanan hingga bidang ekonomi.

Baca Juga  Prabowo-Gibran Bertekad Tidak Ada Lagi Anak Indonesia Mengalami Stunting

Malam ini kita membicara tema-tema yang sangat penting pertahanan hubungan internasional geopolitik globalisasi keamanan dengan demikian kita kembali kepada dasar kita tujuan nasional,” jelas Prabowo.

Tujuan nasional, jelasnya, tercantum dalam Undang Undang Dasar dalam Pembukaan Undang Dasar 1945. Dalam konstitusi, lanjutnya, tujuan nasional disampaikan dengan dengan tegas, pertama melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Jadi, papar Prabowo, fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi. Artinya ini adalah soal pertahanan. Indonesia adalah negara yang sangat besar dan sangat kaya.

Inilah yang menyebabkan ratusan tahun negara-negara dari jauh datang ke nusantara ini untuk intervensi untuk mengganggu dengan melakukan politik adu domna.

Negara-negara tersebut mencuri kekayaan Indonesia sampai akhirnya Indonesia merdeka. Setelah merdeka, lanjutnya, rakyat harus berhadapan berhadapan dengan kondisi kekayaan alam negeri diambil dengan murah.

Prabowo mengatakan hal itu tidak boleh terjadi lagi. Indonesia harus dapat menjadi negara makmur dan menjadi negara sejahtera bagi rakyat.

Baca Juga  Politisi Cucu Sugyati: Perempuan Berperan Penting Tentukan Kemenangan Partai Golkar

Rakyat, jelasnya, harus hidup layak, punya pekerjaan layak. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kekayaan Indoensia dan mengelola kekayaan nasional.

Politik Luar Negeri

Mengenai kebijakan politik luar negeri Indonesia, Prabowo mengatakan sudah dijalankan politik bebas aktif dan tidak berpihak kepada blok satu dan blok lain.

“Saudara-saudara sekalian politik luar negeri kita secara tradisi sejak awal kita merdeka adalah bebas aktif adalah non block tidak memihak tidak ikut blok-blok tidak ikut-ikutan,” lanjutnya.

“Fakta ini akan saya teruskan. Dengan hubungan baik dengan semua kekuatan kita bisa mengamankan kepentingan nasional”.

“Saudara-saudara sekalian 1.000 kawan terlalu sedikit satu lawan terlalu banyak,” sambungnya.

Lebih jauh, dia mengatakan Indonesia harus memiliki pertahanan yang kuat

“Mungkin ada yang asal bicara tanpa data. Mungkin didorong oleh ambisi yang menggebu-gebu, sehingga tidak objektif”.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300