HeadlinePolitik

Debat Capres 2024, Prabowo: Masalah Papua Tak Sesederhana Ucapan Anies

81
×

Debat Capres 2024, Prabowo: Masalah Papua Tak Sesederhana Ucapan Anies

Share this article
Relawan Generasi Muda Islam Puji Prabowo
Relawan Generasi Muda Islam Puji Prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengakui konflik yang terjadi di Papua adalah masalah yang rumit secara komprehensif, tidak sesederhana sebuah kata-kata.

Dia mengatakan persoalan yang dihadapu Papua saat ini tidak sesederhana yang diucapkan oleh calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Persoalan Papua, tegas Prabowo tidak akan dapat diselesaikan dengan sebuah kalimat atau kata-kata.

“Tidak sesederhana itu mas Anies, banyak aspek lain yang mempengaruhi, ada asing yang terlibat di dalamnya, dan aspek lain,” jelasnya mengomentari pernyataan Anies yang mengatakan masalah Papua akan dapat diselesaikan dengan keadilan.

Prabowo mengatakan keadilan memang harus diperjuangkan di Papua, termasuk dialog antara semua pihak yang terlibat, tetapi di luar itu ada aspek lagi yang juga harus diselesaikan secara bersamaan, sehingga persoalan di Papua tuntas.

Baca Juga  Deklarasi Prabowo - Gibran Digelar di Indonesia Arema Hari Ini

Begitupun, capres yang berpasangan dengan Gibran ini mengatakan, salah satu solusi yang perlu dilakukan dalam penyelesaian konflik di Papua, adalah memperkuat aparat penegak hukum. Di samping mempercepat pembangunan ekonomi di Tanah Papua.

“Pertama, memperkuat aparat hukum serta mempercepat pembangunan ekonomi,” ungkap Prabowo dalam Debat Capres 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Ia mengatakan, hal itu sudah dilakukan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut, Jokowi adalah satu-satunya Presiden Indonesia yang sering berkunjung Papua.

“Jokowi adalah Presiden di Republik Indonesia yang paling banyak ke Papua. Paling banyak, kalau tidak salah lebih dari 19 kali berkunjung ke Papua,” ujarnya.

Baca Juga  Pondok Pesantren Ploso Nyatakan Dukungan Kepada Prabowo-Gibran

Di bawah kepemimpinan Jokowi, lanjut Prabowo, ekonomi Papua dibangun. Sehingga membawa kemajuan ekonomi serta melindungi Papua dari keganasan praktik separatisme.

“Ini yang akan dilanjutkan Prabowo-Gibran saat terpilih jadi Presiden Indonesia nanti,” kata Prabowo.

Menteri Pertahanan (Menhan) ini juga mengakui bahwa peningkatan ekonomi di bawah Jokowi paling pesat, yang paling tinggi selama sejarah Indonesia.

“Jadi yang saya katakan akan saya lanjutkan. Kita harus membawa kemajuan ekonomi sosial services, melindungi Papua dari keganasan separatisme,”tegasnya. *

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300