Nasional

Daftar Bansos yang Cair April 2023: PKH dan BPNT, Simak Cara Cek Penerima di Sini

384
×

Daftar Bansos yang Cair April 2023: PKH dan BPNT, Simak Cara Cek Penerima di Sini

Share this article
tangan memperlihatkan beras bansos atau bantuan sosial
beras bansos

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah akan terus mendistribusikan bansos hingga akhir tahun 2023 ini, berikut daftar yang akan cair pada April tahun ini. 

Bansos pada April 2023 ini bisa berupa uang tunai atau sembako berisi bahan makanan pokok yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai catatan, bansos yang cair pada April 2023 ini adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), cek  melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Bansos  akan dikirimkan melalui Bank Himbara dan Kantor Pos. 

Bantuan yang diberikan pemerintah disediakan untuk masyarakat yang  telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bansos PKH 2023 akan disalurkan untuk beberapa jenis kategori yang dapat diidentifikasi meliputi dari Ibu lansia, Hamil, anak usia 0-6 tahun, disabilitas, anak SD, SMP, Hingga SMA.

Baca Juga  Ace Hasan Syadzily: Pak Bas, Menteri Gaul tapi Hape Jadul

Besar bantuan PKH 2023 ini adalah Rp900.000 sampai Rp3 juta per tahunnya dan diserahkan secara bertahap mulai dari Rp225.000 sampai Rp750.000 per tiga bulan. Sedangkan BPNT 2023, masyarakat akan menerima bantuan sembako senilai Rp200.000 pada sebulan sekali.

Syarat penerima PKH
syarat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan yang akan didapatkan merupakan bantuan pangan berupa sembako seperti beras, minyak, dan telur. Untuk memperoleh bantuan tersebut pada saat pencairan masyarakat diwajibkan membawa KKS, setelah itu barulah batuan sembako dapat dicairkan.

Masyarakat bisa mendapat bantuan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, untuk mengetahui daftar penerima bansos PKH dan BPNT 2023 yang bakalan cair di bulan April.

Baca Juga  DPR Sayangkan Pemblokiran Dana Bansos

Langkah-langkah cek penerima Bansos 2023

  1. Masuk browser dan masuk situs cekbansos.kemensos.go.id
    2. Isi bagian wilayah yang sesuai dengan KTP
    3. Isi nama lengkap
    4. Masukan kode pada kotak yang tersedia
    5. Pilih cari data

Akan muncul identitas penerima bansos beserta status dan jenis bansos yang akan didapatkan. Masyarakat ditentukan mendapatkan bantuan dari status yang tertera dalam kolom di website Kemensos. 

Itulah informasi bansos yang akan cair di April, ada PKH dan BPNT 2023 yang dicairkan berupa uang tunai dan sembako

 

banner 325x300