Nasional

Legislator Golkar Cen Sui Lan Sebut Anggaran Badan SAR di Kepri akan Naik

267
×

Legislator Golkar Cen Sui Lan Sebut Anggaran Badan SAR di Kepri akan Naik

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan mengatakan anggaran Badan SAR di Kepri akan naik tahun 2024.

Dia  menyampaikan hal itu saat membuka pelatihan potensi SAR (Search and Rescue) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Senin (5/6/2023).

Dalam acara tersebut, Cen Sui Lan mengungkapkan bahwa anggaran untuk Badan SAR Nasional (Basarnas) Kepri akan mengalami peningkatan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan potensi SAR di Batam, Cen Sui Lan memberikan pengarahan dan motivasi kepada 100 peserta pelatihan yang berasal dari Kepri.

Mereka dipersiapkan untuk membantu tugas-tugas kemanusiaan bersama Basarnas dalam menghadapi bencana alam atau situasi darurat.

Cen Sui Lan menjelaskan bahwa anggaran untuk Basarnas Kepri akan ditingkatkan dan ditambah pada tahun 2024.

Baca Juga  KPU Buka Kembali Sipol dan Tunggu Berkas Prima

Hal ini disebabkan oleh tantangan geografis yang dihadapi Kepri, yang terdiri dari banyak pulau dan lautan.

“Kondisi ini membutuhkan anggaran yang lebih besar untuk memastikan layanan pertolongan kemanusiaan dapat berjalan dengan baik,” kata Cen Sui Lan setelah secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang diikuti oleh 100 peserta dari 5 kabupaten dan 2 kota di Kepri.

Selaku Penasehat IKA Lemhannas Kepri, Cen Sui Lan juga mengungkapkan bahwa dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Marsekal Madya Hendry Apiandi, Kepala Basarnas, ia telah meminta penambahan alokasi dan dana pada tahun anggaran 2024 untuk Kantor SAR Kepri.

“Permintaan ini sudah saya sampaikan dalam RDP minggu lalu,” jelas Cen Sui Lan, yang juga merupakan Dewan Kehormatan PSMTI Provinsi Kepri.

Baca Juga  Puteri Komarudin Soroti Usulan Penambahan Anggaran BPS

“Kami berharap dengan penambahan anggaran, semakin banyak putra dan putri Kepri yang dapat dilatih sebagai potensi SAR di masa depan,” tambahnya.

Slamet Riyadi, Kepala Kantor SAR Kepri, mengucapkan terima kasih atas program dan kegiatan Pelatihan Potensi SAR ini.

Ia berharap bahwa dengan adanya pelatihan ini, kemampuan Basarnas dalam menghadapi situasi darurat di Kepri akan semakin meningkat.

“Kita perlu bekerja sama lebih banyak dengan organisasi masyarakat atau organisasi kepemudaan agar potensi SAR semakin siap. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari,” kata Slamet Riyadi.

Dengan adanya peningkatan anggaran untuk Basarnas Kepri, diharapkan pihak berwenang dapat memperkuat infrastruktur SAR, melatih lebih banyak tenaga ahli, dan meningkatkan kemampuan tanggap darurat dalam menghadapi bencana.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300