Nasional

Catat Nih, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cikampek saat Mudik Natal dan Tahun Baru 2023

276
×

Catat Nih, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cikampek saat Mudik Natal dan Tahun Baru 2023

Share this article
macet brexit
macet-brexit

G24NEWS.TV, JAKARTA— Polisi mengatakan belum ada lonjakan lalu lintas signifikan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 hingga Sabtu (24/12) namun tetap mempersiapkan strategi rekayasa untuk akan mencapai puncak kepadatan.

“Prediksi kita, berdasarkan beberapa masukan dari stakeholder, ini puncak arusnya 23-24 (Desember). Tapi faktanya tadi malam sampai pagi tidak terjadi bangkitan yang signifikan. Mungkin hari ini, kita kan memprediksi, mengantisipasi,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan, Sabtu (24/12).

Menurut Aan, polisi sudah menyiapkan strategi untuk rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan, baik arteri, nasional, dan tol.

Baca Juga  Keluarga Besar DPP Golkar Ucapkan Selamat Hari Natal 2023 Bagi Umat Kristiani

Sementara untuk rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek, Aan menjelaskan bahwa penerapannya bersifat situasional tergantung volume kendaraan yang melintas.

Rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan one way perlu melihat terlebih dahulu indikatornya sebelum diterapkan. Ketika volume kendaraan lebih dari 5.500 kendaraan per jam, akan diberlakukan contraflow.

“Ketika melebihi 5.500 (kendaraan), itu kita harus menambah kapasitas jalan, dari 4 lajur menjadi 5 lajur. Itu udah alarm,” ucap Aan.

“Jadi 5.500 (kendaraan), 1 jam, kita baru menambah 1 lajur, artinya kita harus melakukan contraflow. Sehingga (kepadatan kendaraan) harus bisa ter-sharing (terbagi) ke arus yang kita buka,” sambungnya.

Baca Juga  BPNT - PKH Cair Mei: Perhatikan Hal Ini Agar Dana Cair Tepat Waktu

“Apabila ini 1 jam masih naik lagi sampai 6500 (kendaraan), kita akan menambah satu jalur lagi, contraflow,” tambahnya.

Dikatakan Aan, indikator untuk menerapkan rekayasa dapat diketahui dari aplikasi JID (Jasamarga Integrated Digitalmaps) yang dipantau dari command center dengan indikasi warna-warna.

“Kita punya grafik, di situ ada kuning, ada merah. Ketika sudah menyentuh kuning, itu harus contraflow. (Warna) merah, itu harus one way,” jelasnya.

 

 

banner 325x300