Nasional

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Dampak Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir di Sejumlah Wilayah Indonesia

22
×

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Dampak Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir di Sejumlah Wilayah Indonesia

Share this article
Ilustrasi hujan. Foto: Bibhukalyan Acharya: https://www.pexels.com/photo/selective-focus-photo-of-obalte-green-leafed-plants-during-rain-1463530/
Ilustrasi hujan. Foto: Bibhukalyan Acharya: https://www.pexels.com/photo/selective-focus-photo-of-obalte-green-leafed-plants-during-rain-1463530/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini dampak hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut untuk wilayah Maluku, NTT, Papua, Papua Barat, dan Riau.

Selain itu, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bali, Bangka Belitung, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Timur.

BMKG juga memberikan peringatan akan dampak hujan lebat di wilayah Sumatera Utara dan Aceh.

Sejumlah kota di Indonesia, seperti Surabaya dan Pangkal Pinang diprakirakan terjadi hujan petir pada siang hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Makassar, Kendari, Palembang, diprakirakan hujan sedang pada siang hari.

Baca Juga  Legislator Golkar Berharap Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Kota-kota lain, seperti Denpasar, Serang, Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Medan, dan Gorontalo diprediksi hujan ringan pada siang hari.

Berawan Tebal

Sedangkan wilayah DKI Jakarta diperkirakan berawan tebal pada pada siang, cerah berawan pada malam serta dini hari. Sementara Kepulauan Seribu diperkirakan cerah berawan sepanjang hari.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

“Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada Januari dan Februari 2024. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Dalam pernyataannya di Bandung, Jawa Barat pada pekan lalu (30/1), Dwikorita menyebut bahwa curah hujan kurang lebih sama, dapat mencapai 400 milimeter dalam satu bulan. Namun, dapat menjadi ekstrem dalam jangka harian.

Baca Juga  Gempa Guncang DI Yogyakarta, Layanan Kereta Api Sempat Berhenti

“Curah hujan bisa mencapai 100 milimeter lebih per hari dan kadang bisa mencapai 150 milimeter,” ujarnya.

Email: Dharmasastronegoroa@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300