Beredar Video Prabowo Soal Konsesi Tambang, PBNU: Tidak Terkait Pilpres Karena Sudah Diproses Sejak 2021

54
×

Beredar Video Prabowo Soal Konsesi Tambang, PBNU: Tidak Terkait Pilpres Karena Sudah Diproses Sejak 2021

Share this article
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Foto: Ist
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merespons adanya video yang beredar soal Capres 2024 dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto membahas soal konsesi pertambangan untuk PBNU.

“Pemerintah Pak Jokowi sudah mencabut 2.600 izin tambang dari swasta-swasta dan sudah diberikan, pertama ke PBNU. Itu pancing-pancing yang akan dibagi,” ujar Prabowo dalam video tersebut.

Cuplikan video berasal dari pidato Prabowo dalam kegiatan Diskusi Bersama Perwakilan Kiai Kampung se-Indonesia di Malang, Jawa Timur, belum lama ini.

Banyak komentar yang menghubungkan video tersebut terkait dengan dukungan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres).

Namun, tudingan itu dibantah oleh Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Dia mengatakan pernyataan itu tidak ada kaitannya dengan Pilpres, tetapi memang sudah menjadi kebijkan lama Pemerintah jauh sebelum Pilpres.

Yahya Cholil Staquf dalam acara pembukaan Muktamar NU di Lampung 2021 lalu, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa PBNU akan mendapatkan konsesi tambang.

Setelah ditanyakan Presiden Jokowi, jelasnya, rencana itu langsung direalisasikan dengan melakukan proses perizinan usaha tambang, tetapi hingga saat ini prosesnya belum selesai.

“Kan sudah lama itu. Itu kan presiden pidato waktu pembukaan Muktamar di Lampung tahun 2021 dan langsung diproses sudah itu, cuma belum selesai prosesnya,” jelas Gus Yahya, kepada wartawan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Jadi, dia menegaskan bahwa pidato Prabowo itu tidak ada hubungannya dengan Pilpres karena sudah merupakan kebijakan lama Presiden Joko Widodo dan sudah dalam proses, kendati belum rampung.

“Wong dulu belum ada apa-apa dikasih kok memang. Ini presiden waktu Muktamar itu saya siapkan konsesi untuk NU gitu dan langsung diproses cuma sekarang belum selesai,” ujarnya.
Lihat Juga :

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300