InternasionalLifestyle

Bendungan Tiga Ngarai: Bendungan Terbesar di Dunia

252
×

Bendungan Tiga Ngarai: Bendungan Terbesar di Dunia

Share this article
bendungan tiga ngarai
Ilustrasi bendungan tiga ngarai/https://www.bangkokpost.com/world/2605810/chinas-three-gorges-dam-sees-record-tourists-in-h1

G24NEWS.TV, JAKARTA – Bendungan adalah struktur insinyur yang luar biasa yang dibangun untuk mengendalikan aliran air, menyediakan air bersih, dan bahkan untuk pembangkit listrik.

Di seluruh dunia, terdapat bendungan megah yang memimpin dalam kapasitas penyimpanan air mereka.

Salah satu yang terbesar dan paling mengesankan adalah Bendungan Tiga Ngarai (Three Gorges Dam) di Tiongkok.

Bendungan Tiga Ngarai (Three Gorges Dam)

Bendungan Tiga Ngarai adalah bendungan terbesar di dunia dalam hal kapasitas penyimpanan air.

Terletak di Sungai Yangtze, Tiongkok, bendungan ini memiliki panjang sekitar 2,3 mil (3,7 kilometer) dan tinggi mencapai hampir 600 kaki (181 meter).

Bendungan ini merupakan hasil proyek besar yang dimulai pada tahun 1994 dan diselesaikan pada tahun 2006.

Baca Juga  Bangunan Ramah Lingkungan: Masa Depan Arsitektur Berkelanjutan

Kapasitas Penyimpanan Air

Bendungan Tiga Ngarai adalah penguasa dalam hal kapasitas penyimpanan airnya.

Dengan kapasitas mencapai 39,3 kubik kilometer (sekitar 9,4 triliun galon), bendungan ini dapat menampung volume air yang sangat besar.

Hal ini membuatnya efektif dalam pengendalian banjir di sepanjang Sungai Yangtze yang sering kali mengalami musim hujan yang deras. Selain itu, bendungan ini juga digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

Manfaat dan Kontroversi

Bendungan Tiga Ngarai telah memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi Tiongkok. Dengan mengendalikan banjir, bendungan ini telah melindungi jutaan orang yang tinggal di sekitar Sungai Yangtze.

Selain itu, bendungan ini juga menghasilkan energi listrik dalam jumlah besar yang membantu memenuhi kebutuhan energi Tiongkok yang terus meningkat.

Baca Juga  Penembakan Saat Perayaan Imlek di Los Angeles, 10 Warga Tewas

Namun, pembangunan bendungan ini juga menuai kontroversi. Lebih dari dua juta penduduk terpaksa pindah dari rumah mereka untuk memberi tempat bagi bendungan ini.

Selain itu, proyek ini memengaruhi lingkungan alami di sekitarnya, termasuk mengubah ekosistem Sungai Yangtze yang mempengaruhi banyak spesies ikan yang ada di dalamnya.

Bendungan Tiga Ngarai adalah pencapaian teknik yang luar biasa dan membawa manfaat yang signifikan bagi Tiongkok.

Dengan kapasitas penyimpanan air terbesar di dunia, bendungan ini menggabungkan kendali banjir dan pembangkit listrik dalam satu struktur monumental.

Namun, tidak ada proyek besar tanpa kontroversi, dan Bendungan Tiga Ngarai juga menimbulkan perdebatan tentang dampak lingkungan dan sosialnya.

banner 325x300