Internasional

Belanda Resmi Akui Kemerdekaan Indonesia, Jokowi: Kita Kaji Dampaknya

1242
×

Belanda Resmi Akui Kemerdekaan Indonesia, Jokowi: Kita Kaji Dampaknya

Share this article
Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia
Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte/reuters

G24NEWS.TV, JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte memberikan pengakuan secara resmi atas kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, sepenuhnya dan tanpa syarat. Melalui sesi debat parlemen dalam pembahasan kajian dekolonisasi tahun 1945-1950, Rutte menyampaikan pengakuan tersebut.

Dilansir dari media NOS, Belanda selama ini mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949 seiring dengan penyerahan kedaulatan berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar (KTT).

“Belanda mengakui sepenuhnya dan tanpa syarat bahwa Indoneisa merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945,” ujar Rutte pada Rabu (14/6)

Belanda Tetap Ucapkan HUT RI

Meskipun begitu selama ini Pemerintah Belanda kerap memberikan ucapan dan perhatian kepada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri Belanda tersebut.

Baca Juga  Di Balik Pengeboman Nagasaki: Mengungkap Dampak Sejarah yang Mengguncang Dunia

“Misalnya, raja sudah mengirimkan telegram ucapan selamat ke Indonesia pada 17 Agustus setiap tahunnya,” terangnya.

Selama ini, pengakuan Belanda terhadap kemerdekaan Indonesia hanya sebatas politik dan moral saja. Tidak pernah diakui secara penuh seperti saat ini.

Permintaan Maaf Belanda ke Indonesia

Sebelum merdeka, Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Setelah mengakui kemerdekaan, Perdana Menteri Rutte mengucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada Indonesia atas penjajahan yang telah dilakukan Belanda di masa lalu. Pemerintah Belanda juga turut mengakui adanya tindakan kolonialisme selama menjajah Indonesia. Hal ini merupakan kejahatan perang yang seharusnya tidak boleh terjadi. Rutte menambahkan, dia bersama Presiden Indonesia Joko Widodo akan membicarakan pengakuan ini agar bisa diterapkan bersama. Ini merupakan hari bersejarah bagi parlemen Belanda.

Baca Juga  Presiden Jokowi Restui Koalisi Besar: Bisa Berikan Kebaikan pada Rakyat 

“Saya ingin melihat bagaimana kita bisa menyampaikan pengakuan atas perayaan kemerdekaan Indonesia bersama-sama,” tambahnya.

Respon Positif Jokowi

Merespon pengakuan Belanda itu, Presiden Jokowi mengapresiasi langkah Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan RI.

“Ya bagus,” kata Jokowi.

Namun pemerintah Indonesia, kata Presiden, belum mengumumkan langkah berikutnya. Jokowi masih akan mengkaji dampak-dampak terhadap pengakuan kemerdekaan oleh Belanda tersebut.

“Nanti kita lihat. Saya minta masukan dulu dari menlu karena impact-nya ke mana-mana,” terang Jokowi.

Penulis: Dharma Sastronegoro
Editor: Lala Lala

banner 325x300