HeadlineNasional

BAZNAS Award 2023: Airlangga Hartarto Dinobatkan Sebagai Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Umat

241
×

BAZNAS Award 2023: Airlangga Hartarto Dinobatkan Sebagai Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Umat

Share this article
Bocoran Calon Menpora dari Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto kembali terpilih mendapatkan penghargaan BAZNAS Award 2023 untuk kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Umat, serta mendorong perluasan implementasi keuangan syariah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Menko Airlangga yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa dan Sumber Daya Alam Dida Gardera

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjawab sebagai Ketua Harian Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) dinilai senantiasa memberikan dukungan dan koordinasi pengelolaan zakat.

Zakat merupakan salah satu bentuk perluasan implementasi keuangan syariah. Airlangga Hartarto juga selalu menekankan perluasan dan kemudahan akses layanan keuangan formal melalui layanan keuangan digital bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Dinilai Mampu Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Perekonomian, Selasa (21/3/2023), disebutkan tema penganugerahan BAZNAS Award 2023 adalah Berkah Berzakat: Terima Kasih Muzaki, Terima Kasih Mustahik.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh BAZNAS dalam rangka mengapresiasi kinerja organisasi pengelola zakat dan stakeholder yang turut mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di Indonesia.

DNKI Sinergi Dengan BAZNAS Salurkan Bantuan Sosial

Dukungan ini diberikan oleh Airlangga Hartarto melalui perannya dalam Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), serta bersinergi aktif dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan berbagai Kementerian/Lembaga.

Semua lembaga ini yang mendorong peningkatan indeks keuangan inklusif ini, kembali mendapatkan apresiasi dalam gelaran Penganugerahan BAZNAS Award 2023 yang diselenggarakan di Puri Agung Hotel Sahid Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga  Ketum Golkar Pastikan Jokowi Tidak Hadir di Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

Lebih jauh, Menko Perekonomian dalam keterangan tertulisnya mengatakan upaya pemulihan ekonomi nasional terus mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk melalui zakat yang merupakan salah satu instrumen keuangan sosial syariah.

Pemberdayaan zakat juga mendapatkan dorongan dari Pemerintah melalui penggunaan keuangan layanan digital dan penggunaan rekening keuangan formal.

Selain itu, telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2022 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) juga telah mengamanatkan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).*

Penulis: Nyoman Adiikusuma
Editor: Lala Lala

banner 325x300