Bawaslu Pastikan Tahapan Logistik Tidak Langgar Ketentuan

57
×

Bawaslu Pastikan Tahapan Logistik Tidak Langgar Ketentuan

Share this article
Bawaslu Pastikan Tahapan Logistik Tidak Langgar Ketentuan
Bawaslu Pastikan Tahapan Logistik Tidak Langgar Ketentuan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menyampaikan pihaknya memastikan tahapan logistik pemilu tidak langgar ketentuan yang berlaku.

Dia mengatakan tahapan pengawasan logistik menjadi krusial bagi jajaran Bawaslu hingga Kabupaten/Kota.

Sebab dia melihat logistik harus dipastikan tepat dalam segala aspek.

Terlebih kata dia, tahapan logistik yang sedang berjalan sangat dekat dengan potensi pidana pemilu. Dia mencontohkan jumlah logistik tidak boleh melebihi yang ditentukan, karena kalau lebih pidana pemilu akan menjerat KPU begitu pula perusahaan yang mencetak jika tidak  benar melakukan tugas.

“Bawaslu melakukan pengawasan tahapan logistik pada ketepatan jumlah, spesifikasi, bahan dan jenis harus dipastikan tidak melanggar atau keluar dari ketentuan,” tutur Lolly di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023).

Dalam hal ini, Lolly mengatakan Bawaslu perlu melakukan pengawasan melekat karena berhubungan dengan daftar pemilih yang sudah ditetapkan KPU. Maka penting menurutnya rapat koordinasi bersama dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) antara Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian dalam mengawal tahapan ini.

“Maka sentra Gakkumdu perlu rapat kordinasi agar cara pandang Bawaslu kepolisian kejaksaan dalam memaknai pasal-pasal yang berkenaan dengan pidana pemilu,” kata dia.

Tidak hanya itu, Lolly pun menyebutkan partai politik menjadi pihak yang sangat terdampak, jika ada potensi pelanggaran dalam penyediaan logistik yang tidak tepat jumlah dan tidak sesuai.

“Bawaslu harus berjalan sesuai ketentuan Undang-Undang, regulasi turunannya cara kami menangani pelanggaran maka kami tidak akan antikritik. Ada pelanggaran jangan segan lapor Bawaslu,” jelas Lolly.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300