Nasional

Bawaslu Kurban 5 Ekor Sapi

182
×

Bawaslu Kurban 5 Ekor Sapi

Share this article
Bawaslu Kurban 5 Ekor Sapi
Bawaslu Kurban 5 Ekor Sapi

G24NEWS.TV, JAKARTA – Bawaslu menggelar pemotongan hewan kurban. Sebanyak lima ekor sapi hasil kurban tersebut rencananya akan dibagikan kepada seluruh staf di lingkungan Bawaslu juga warga sekitar, sebagai bakti nyata kepedulian Bawaslu terhadap sesama.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap semangat Idul Adha dapat dijadikan momentum gotong-royong dalam bekerja dan melaksanakan tanggung jawab.

“Kami berharap, Idul Adha kali ini dapat meningkatkan semangat gotong-royong dalam bekerja,” kata Bagja, Jumat (30/6/2023).

Dia juga mengungkapkan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Berkaca pada kurban tahun lalu, Idul Adha yang diberi tema oleh panitia “Ringan Berqurban” tersebut mengumpulkan lima ekor sapi.

Baca Juga  Bawaslu Masifkan Sosialisasi Pemilu 2024

Kelima ekor sapi kurban tersebut ungkapnya, berasal dari sumbangan pejabat hingga jajaran struktural yang mau menyumbangkan sebagian hartanya untuk mau berbagi kepada sesama.

“Alhamdulillah kurban tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan,” terangnya.

Sekadar informasi, pemotongan hewan kurban kali ini, turut dihadiri jajaran pejabat struktural dan staf juga unsur masyarakat yang turut membantu lancarnya acara.

Kurban adalah ibadah sunnah muakkad, artinya sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam yang memiliki kemampuan berkurban.

Hewan yang disembelih sebagai kurban di Indonesia umumnya sapi, kambing atau domba. Penyembelihan hewan kurban secara konvensional tidak bisa disubstitusi dalam bentuk lain, sekalipun dengan nilai yang lebih tinggi.

Baca Juga  Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Untuk Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye di CFD

Nabi Muhammad Saw bersabda dalam sebuah Hadis yang masyhur, “Barangsiapa yang mempunyai kelapangan untuk berkurban, tetapi tidak dilaksanakannya, janganlah dia dekat-dekat ke tanah lapang tempat kami shalat hari raya ini.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Dalam hadis lain Rasulullah mengatakan kepada puterinya Fatimah, “Hadirilah kurbanmu dan saksikanlah, sesungguhnya dengan kurban itu engkau akan mendapat ampunan dari dosa yang engkau perbuat pada permulaan tetesan darahnya.” (HR Al-Hakim, Baihaqi, dan Tabrani).

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300