Nasional

Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu 2024

144
×

Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu 2024

Share this article
Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu 2024
Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady mengajak mahasiswa berkolaborasi awasi pemilu 2024 agar bisa ikut berperan aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif baik saat Pemilu maupun Pemilihan 2024.

“Harapannya, ada kepedulian (dari mahasiswa) dalam rangka partisipasi pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024,”ujarnya saat menyambut kedatangan mahasiswa politik dan komunikasi ke kantor Bawaslu RI, Selasa (1/8/2023).

Tenaga Ahli Bawaslu Lamlam Masropah menambahkan pengawasan partisipatif yang merupakan upaya Bawaslu untuk dapat membawa masyarakat menjadi mitra Bawaslu dalam melakukan pengawasan partisipatif.

Baca Juga  Legislator Golkar Nilai Kamtibmas di NTB Sudah Baik

“Pengawasan partisipatif ini upaya Bawaslu untuk melibatkan sebanyak-banyaknya masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu. Jadi, yang biasanya masyarakat dijadikan obyek pengawasan melalui gerakan pengawasan partisipatif masyarakat dijadikan partner atau mitra Bawaslu untuk melakukan pengawasan,” jelasnya.

Tujuannya, kata dia, meminimalisir serta mencegah dari segala bentuk pelanggaran.

Deputi Teknis Bawaslu La Bayoni menjelaskan Bawaslu memiliki keterbatasan sumber daya manusia (SDM) untuk itu dia mengajak mahasiswa ikut melakukan pengawasn partisipatif. “Kita ajak semua masyarakat termasuk adik-adik mahasiswa yang ada saat ini turut terlibat dalam pengawasan partisipatif,” ajaknya.

Baca Juga  Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pemilihan Umum

Peneliti Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Delia Wildianti menjelaskan pihaknya memiliki semangat untuk mendorong anak muda dapat ikut serta dalam pesta demokrasi guna menyukseskan Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Kami harapkan dengan acara ini mahasiswa bisa lebih dekat dengan lembaga penyelenggara pemilu, termasuk Bawaslu dan dapat mengenal lebih dekat fungsi dan tugas Bawaslu,” tuturnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300