Nasional

Bansos KLJ, KAJ, KPDJ 2023 Tahap 1 Cair Besok? Ini Jawaban Dinsos DKI Jakarta

538
×

Bansos KLJ, KAJ, KPDJ 2023 Tahap 1 Cair Besok? Ini Jawaban Dinsos DKI Jakarta

Share this article
Dana KLJ, KAJ, KPDJ 2023
Dana KLJ, KAJ, KPDJ 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA — Beredar kabar bantuan sosial atau bansos Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) 2023 tahap 1 akan cair besok pada 14 Maret 2023.  Ada pula yang mengatakan bahwa dana bansos tersebut akan segera cair sebelum masuknya bulan puasa atau Ramadhan yang diprediksi bertepatan dengan tanggal 22 Maret 2023, mana yang benar?

Sejauh ini belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta terkait waktu resmi pencairan ke-3 bansos untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) kelompok masyarakat tertentu itu. Pada akhir pekan lalu, sempat juga beredar kabar bahwa dana Kartu Lansia Jakarta, Kartu Anak Jakarta, dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta 2023 tahap 1 sudah cair.

Namun, kabar yang beredar tersebut dibantah langsung oleh akun Instagram Dinsos DKI Jakarta, @dinsosdkijakarta.

“Berita Ini hoax ya kawan-kawan sosial. Untuk info pencairan bantuan PKD seperti KAK, KLJ dan KPDJ yang muncul selain dari media sosial Dinas Sosial Prov. DKI Jakarta merupakan berita informasi bohong. Dimohon untuk kawan-kawan tidak mempercayai berita tersebut dan lebih teliti lagi membaca informasi yang beredar di medsos,” begitu penjelasan dari akun Instagram @dinsosdkijakarta.

 

Memang muncul informasi yang disampaikan oleh akun Instagram @dinsosdkijakarta tetapi tidak menyebutkan waktu rinci kapan bansos KLJ, KAJ,dan KPDJ 2023 akan segera cair.

Pemprov DKI sampai dengan akhir pekan lalu masih terus melakukan pengolahan data calon penerima ke3 bansos untuk PKD kelompok masyarakat itu.  “Hai Kak, mohon bersabar ya. Saat ini bantuan sosial PKD masih dalam pengolahan data,” tulis akun Instagram @dinsosdkijakarta.

Dinsos DKI akan segera menginfokan perkembangan terbaru pendistribusian bansos itu melalui media sosial.

“Bila ada informasi terkait pendistribusian bantuan PKD akan segera mimin informasikan ya melalui media sosial. Mohon bersabar dan ditunggu ya,” demikian informasi yang bisa kami sampaikan @dinsosdkijakarta pada Jumat 10 Maret 2023.

Perkiraan Jadwal Pencairan Bansos

Lalu bagaimana prediksi KAJ, KPDJ, dan KLJ 2023 tahap 1 akan cair? Masyarakat tentu berharap bisa menerima bantuan itu sesegera mungkin pada Maret ini.

Masih terbuka lebar peluang bahwa masyarakat akan menerima kabar gembira perihal pencairan ke-3 bansos tersebut pada bulan Maret ini. Karena, sempat disampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan menyalurkan bantuan tersebut 3 bulan sekali.

Menurut penjelasan tersebut, ada kemungkinan KLJ, KAJ, dan KPDJ 2023 tahap 1 cair pada Maret bulan ke-3 di 2023. Nantinya, bantuan yang akan diterima adalah untuk periode Januari, Februari, dan Maret. Prediksi kapan dana Kartu Anak Jakarta, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta, dan Kartu Lansia Jakarta 2023 tahap 1 cair bisa juga menggunakan data penyaluran periode sebelumnya.

Pada 2022 lalu, dana KLJ, KPDJ, dan KAJ untuk tahap 1 baru diterima warga pada 8 April. “Penyaluran bansos KLJ, KPDJ dan KAJ dilakukan secara bertahap, dimulai hari ini (8 April),” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, seperti dikutip dari siaran pers Pejabat Pengelola informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta pada Jumat 8 April 2022.

Begitu pun dengan kejadian pada tahun 2021. Pencairan ke-3 bansos itu baru berlangsung pada bulan April tahun ini.
Proses Cek Penerima KAJ, KPDJ, dan KLJ 2023 Tahap 1.  Selepas itu kita bahas tentang cara mendaftar penerima KLJ, KAJ, dan KPDJ 2023 tahap 1.

Para penerima ke-3 bansos itu terbagi dua. Ada yang sudah terdaftar sebagai penerima di periode sebelumnya, ada juga yang baru mendaftar.

Cek Bansos KLJ, KAJ, dan KPDJ Lewat Laman Siladu

Untuk yang sudah tercatat sebagai penerima KLJ, KAJ, dan KPDJ silakan langsung akses ke laman siladu.jakarta.go.id.

“Silahkan untuk melakukan pengecekan ulang melalui situs https://siladu.jakarta.go.id/page/home situs ini di pergunakan untuk mengetahui DTKS yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI, bukan data pendaftaran baru,” tulis akun Instagram @dinsosdkijakarta.

Untuk kelompok masyarakat yang baru melakukan untuk pendaftaran baru dan masih dalam proses di halaman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) silakan cek nanti di laman dkts.jakarta.go.id.

“Untuk mencoba pengecekan melalui link https://dtks.jakarta.go.id/cek-pendaftaran/ adalah pengecekan status pendaftaran DTKS yang baru yaa,” tulis Instagram @dinsosdkijakarta.go.id,” begitu penjelasan akun Instagram Dinsos DKI.

Demikian informasi terkait informasi tentang KLJ, KPDJ, KAJ 2023 akan cair besok 14 Maret 2023, termasuk cara cek penerima bansos tersebut. Semoga bermanfaat.

 

banner 325x300
Baca Juga  Informasi Jadwal Bansos PKH dan BPNT Cair, Simak di Sini