Nasional

Bansos Jelang Lebaran: Beras Dibagi Maret, Ayam dan Telur Awal April

249
×

Bansos Jelang Lebaran: Beras Dibagi Maret, Ayam dan Telur Awal April

Share this article
tangan memperlihatkan beras bansos atau bantuan sosial
beras bansos

G24NEWS.TV, JAKARTA— Pembagian bantuan sosial atau bansos beras, ayam dan telur akan dilakukan jelang Lebaran 1444 H atau 2023, ujar Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas.

Arief mengatakan mengumumkan bahwa bantuan sosial atau bansos dalam bentuk beras, ayam, dan telur akan didistribusikan menjelang Lebaran, dimulai dari bulan Maret, April, hingga Mei.

“Kalau beras sudah dapatkan list KPM (Keluarga Penerima Manfaat)-nya, siap didistribusikan segera,” kata Arief melalui keterangan tertulis pada Tempo, Kamis 23 Maret 2023.

Dia menyatakan bahwa terdapat sekitar 21,35 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM akan menerima bantuan sosial berupa beras seberat 10 kilogram setiap bulannya selama tiga bulan. Kapan pembagian bansos beras, telur dan daging ayam, Arief menjawab singkat “Maret ini.”

Baca Juga  Siap-siap, 21,35 Juta Paket Bansos Beras Segera Disalurkan

Sementara itu, rencana pembagian bansos ayam dan telur masih dalam proses. Arief mengatakan bahwa beberapa regulasi masih dalam proses dan kemungkinan akan selesai pada bulan April, kecuali jika regulasi tersebut dapat diselesaikan pada awal minggu depan.

Bantuan sosial menjelang Lebaran ini akan didistribusikan oleh perusahaan BUMN, yaitu Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk beras dan ID Food/PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk ayam dan telur.

Tomi mengatakan melalui keterangan tertulis bahwa terkait kemasan sudah siap dan sedang dalam proses pengemasan ulang (rebagging).

Cara usul dan sanggah bansos. (Indonesia baik)
Cara usul dan sanggah bansos. (Indonesia baik)

Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama ID Food, menyatakan bahwa mereka masih menunggu konfirmasi resmi mengenai jadwal bansos ayam dan telur. Frans mengatakan bahwa data awal yang mereka terima menyebutkan bahwa bansos tersebut akan dimulai di 7 provinsi. Hal ini diungkapkan melalui keterangan tertulis pada Kamis.

Baca Juga  Ini Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 49, Pelajari Ya 

Tujuh provinsi yang dimaksud adalah Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Frans mengatakan bahwa akan ada 2,1 juta KPM yang akan menerima bansos ayam dan telur. Ketika ditanya tentang persiapan, dia menyatakan bahwa pihaknya sudah siap. “Saat ini kami sedang mempersiapkan pemetaan pasokan dan distribusinya,” katanya.

banner 325x300