Headline

Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Raih Gelar Doktor Hukum

339
×

Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Raih Gelar Doktor Hukum

Share this article
Airin Rachmi Diany
Airin Rachmi Diany

G24NEWS.TV, JAKARTA —Mantan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany merampungkan pendidikan doktor dengan predikat Cum Laude dari Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Judul disertasinya adalah “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Sistem Hukum Pertanahan Indonesia Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dikaitkan dengan Kepastian Hukum”.

Seperti dilansir dari esensi.tv, Wali Kota pertama Tangerang ini mengikuti acara wisuda di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Bandung, Senin (15/5/2023).

Seusai mengikuti acara wisuda, Airin Rachmi Diany mengatakan dirinya bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan pendidikan S3 di bidang hukum.

Politisi Partai Golkar ini meyakini pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya sebagai umat manusia.

Sebagai pemimpin, dia berharap pendidikan ini dapat mendukung dan meningkatkan kemampuannya untuk lebih berperan lagi kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ini terus menjadi motivasi bahwa ilmu yang kita punya dapat bisa memberikan untuk diri kita menjadi manusia lebih baik, dan tentunya memberikan manfaat untuk manusia dan juga masyarakat yang lebih luas lagi,” jelasnya.

Baca Juga  Indonesia Dekati Raksasa Teknologi AS untuk Percepat Transformasi Digital

Pendidikan Masternya juga diselesaikan dari kampus yang sama tahun 2005, sedangkan gelar Sarjana Hukum diraihnya dari Universitas Parahyangan tahun 1999.

 

Bakal Calon Gubernur Banten

Untuk Pemilu 2024, Partai Golkar mengusung Airin Rachmi Diany sebagai Bakal Calon Gubernur Banten.

Namun, dalam persiapan sebagai bakal calon Gubernur, dirinya juga menjadi bakal calon anggota legislatif untuk DPR RI.

Keberhasilannya memimpin Tangerang selama dua periode dinilai menjadi salah satu modal yang kuat untuk bisa melanjutkan kepemimpinan ke tingkat Gubernur.

Saat masa jabatannya, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang meningkat signifikan dari 76,99 tahun 2011 menjadi 81,36 di tahun 2020.

IPM adalah indikator yang menggambarkan kualitas hidup masyarakat dari pendekatan umur panjang dan kesehatan, pendidikan serta kehidupan yang layak.

Baca Juga  Dave Laksono: Komunikasi KIB Bahas Skenario Koalisi Terus Berjalan

Pencapaian ini sejalan dengan fokus pembangunan yang dilaksanakan selama 10 tahun, yaitu membangun tiga gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), gedung pelayanan publik, gedung inovasi center, gedung arsip, perpustakaan daerah, stadion mini Ciputat, serta community center.

Airin juga diyakini bukan pemimpin dadakan karena telah berpengalaman mengelola dan memimpin sebuah kota baru saat itu.

Dia juga telah aktif dalam kegiatan komunitas, kompetisi, serta berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan sejak usia muda hingga saat ini.

Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung dan Mojang Provinsi Jawa Barat, Puteri Indonesia Favorit, serta Puteri Indonesia Pariwisata.

Hingga sekarang, dia menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang Selatan.

Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya, antara lain Satyalancana Pembangunan Koperasi, Satyalancana Pembangunan dan Kepala Daerah Paling Inovatif.*

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300