Olahraga

Asian Para Games 2022 Resmi Dibuka di Hangzhou China

146
×

Asian Para Games 2022 Resmi Dibuka di Hangzhou China

Share this article
Kontingen Indonesia dalam acara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China pada Minggu (22/10/2023). Foto: Kemenpora
Kontingen Indonesia dalam acara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China pada Minggu (22/10/2023). Foto: Kemenpora

G24NEWS.TV, JAKARTA — Asian Para Games 2022 Hangzhou resmi dibuka di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China pada Minggu (22/10/2023).

Acara pembukaan menggunakan animasi teknologi canggih dengan pertunjukkan yang memadukan kesenian tradisional dan tata lampu yang menarik. Setiap negara peserta pun tampil memukau saat sesi parade atau defile atlet.

Tak ketinggalan Kontingen Indonesia yang juga mencuri perhatian dengan busana yang dikenakan saat defile pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou. Defile kontingen Indonesia memamerkan keragaman adat nusantara.

Kontingen Merah-Putih berada di urutan kesembilan setelah India pada defile kontingen. Dalam kesempatan ini, Riadi Saputra dan Dwiska Maharani memimpin barisan sebagai pembawa bendera Merah Putih. Riadi Saputra mengenakan baju adat Kalimantan sementara Dwiska memakai baju adat Sumatera.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou, Angela Tanoesoedibjo, turut hadir dalam defile kontingen. Deputi CdM, Andi Herman, juga menemanin dalam barisan ketiga setelah para atlet yang menggunakan kursi roda.

Baca Juga  Asian Para Games Hangzhou, Atlet Peraih Medali Akan Dapat Hadiah Rumah Tinggal

Kontingen Indonesia

Kontingen Indonesia yang berada pada bagian depan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Busana adat yang dikenakan yaitu untuk wanita berasal dari Lampung, Palembang dan Bali. Sedangkan untuk pria berasal dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Aceh.

“Kami bawa konsep bahwa Indonesia yang memiliki keragaman budaya, maka kami menampilkan beberapa pakaian adat, ya, yang mewakili etnis ataupun wilayah yang ada di negara kita,” terang Andi Herman.

Seragam jaket Kontingen Indonesia bernuansa merah dan putih dengan sentuhan motif mega mendung.

Empat motif mega mendung di bagian dada kanan yang berarti ‘Saka Guru’, yaitu tonggak penyangga harapan para atet Indonesia agar tidak goyah dalam segala hal.

Sementara satu motif mega mendung pada bagian dada sebelah kiri memliki arti sebagai pendingin agar para atlet berfikiran sehat.

Baca Juga  Indonesia vs Argentina, Pengalaman Berharga bagi Mental Skuad Garuda

Motif lainnya ialah songket Sumatera dengan benang perak motif bintang berantai pada bagian lengan. Motif bintang berantai memiliki arti kesatuan dari bintang-bintang yang bermakna kemenangan atau kemajuan yang pesat.

Pesan ini diharapkan para atlet bertekad kuat untuk maju dan menang. Pada bagian punggung terdapat gambar peta Indonesia yang menggambarkan luasnya wilayah dan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

“Itu yang ingin kami tampilkan sebagai sebuah keragaman budaya tapi tetap dalam unity bahwa Indonesia satu-kesatuan, itu yang kami usung,” kata Andi Herman.

Indonesia mengirimkan 130 atlet dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou yang akan berjuang di 12 cabang olahraga. Skuad merah putih diharapkan mampu finish dalam jajaran 10 besar AiPG Hangzhou 2022 dengan membawa pulang 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300