Nasional

Arus Mudik dan Balik Lebaran Idulfitri 2023 Lancar, Hamka Kady Apresiasi Kinerja Pemerintah

271
×

Arus Mudik dan Balik Lebaran Idulfitri 2023 Lancar, Hamka Kady Apresiasi Kinerja Pemerintah

Share this article
Hamka Baco Kady
Hamka Baco Kady (Foto by: Parlementaria)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Politisi Golkar Hamka B. Kady mengapresiasi kinerja Pemerintah dalam mensukseskan kelancaran arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 2023.

Dikutip dari Parlementaria, dia menilai arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri tahun ini berlangsung aman, lancar, tertib dan minim kecelakaan. Namun, legislator Golkar itu tidak menampik hambatan yang terjadi.

Kepadatan kendaraan di pelabuhan saat arus mudik balik lebaran 2023
Kepadatan kendaraan di pelabuhan saat arus mudik balik lebaran 202y3 (Foto by; Humas Polri)

“Melihat volume kendaraan dan pergerakan orang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 ini alhamdulillah berjalan baik. Walaupun tak bisa dipungkiri memang adanya hambatan di sana-sini. Antrian kendaraan baik di pintu tol maupun yang hendak naik di kapal laut juga tak bisa dihindari. Tapi kecelakaan minim terjadi sehingga pemerintah harus diberi apresiasi,” ucapnya.

Baca Juga  Alien Mus Dorong Pemerintah Beralih ke Produksi Pangan Lokal

Hamka B. Kady mengapresiasi pihak-pihak yang mensukseskan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan parah di beberapa ruas jalan tol dan jalur arteri.

 “Apresiasi khususnya kepada Kementerian Perhubungan, PUPR, Kepolisian, dan pihak-pihak yang terlibat menyukseskan mudik tahun ini. Alhamdulillah lancar dan minim hambatan,” kata Hamka.

Lebih lanjut, Hamka menyampaikan masyarakat memiliki beragam alternatif pilihan untuk sampai ke kampung halaman. Hal itu ditopang oleh infrastruktur yang memadai.

Arus Balik Lebaran Idulfitri 2023 di Gerbang Tol Cikarang Utama
Arus Balik Lebaran Idulfitri 2023 di Gerbang Tol Cikarang Utama (Foto by: NTMC Polri)

Berdasarkan data, angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik 2023 mencapai 189 jiwa, sedangkan 2022 jumlah korban mencapai 310 orang. Jumlah korban kecelakaan di 2023 jauh menurun dibanding  tahun lalu. 

Baca Juga  Dijemput Paksa, SYL Tiba di Gedung KPK dengan Tangan Diborgol

“Artinya menurun hingga 19 persen. Total angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik-balik tahun ini mencapai 1.457 kasus. Dampak luar biasanya adalah bergeraknya sektor ekonomi di berbagai daerah,” tutupnya. 

Data Kementerian Perhubungan menunjukkan sebanyak 26,3 juta pergerakan kendaraan dalam arus mudik dan balik Lebaran 2023 melalui jalur darat, laut dan udara. Arus pergerakan kendaraan selama musim mudik tahun ini naik 45% dibanding 2022.

banner 325x300