Lifestyle

Aroma Khas Kuliner Jawa Barat, Mana Tahan!

137
×

Aroma Khas Kuliner Jawa Barat, Mana Tahan!

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Jawa Barat dikenal sebagai salah satu provinsi yang kaya akan keanekaragaman kuliner tradisionalnya. Mulai dari hidangan gurih, pedas, hingga manis, semua ada di Jawa Barat. Yuk menjelajahi kuliner Jawa Barat yang pasti bikin lidah bergoyang!

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang wajib kamu coba. Terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan ditusuk dengan bambu, kemudian dibakar dengan arang. Sate Maranggi memiliki rasa gurih dan kaya rempah. Rasanya yang nikmat akan semakin lengkap jika disantap dengan sambal khas Jawa Barat.

Baca Juga  Qatar: Pesona Negara Gurun Modern dan Berkembang Pesat

2. Batagor

Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan ini terdiri dari bola-bola bakso yang terbuat dari campuran daging ikan dan udang yang digoreng dengan tepung hingga krispi. Batagor biasanya disajikan dengan tahu goreng, lalu disiram dengan saus kacang dan kecap manis. Rasanya gurih, renyah, dan enak untuk dinikmati sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan utama.

3. Soto Bandung

Soto Bandung adalah varian soto yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Soto Bandung memiliki kuah bening yang gurih dengan tambahan daging sapi, daun bawang, dan seledri. Rasanya yang segar dan sedikit pedas membuat soto Bandung menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati di cuaca yang sejuk.

Baca Juga  Lagi di Thailand? Wajib Wisata Kuliner Cobain 4 Makanan Mentah Ini!

4. Colenak

Colenak adalah makanan penutup khas Jawa Barat yang terbuat dari ketan yang dipanggang kemudian disiram dengan kuah gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Rasanya yang manis, lezat, dan tekstur ketan yang kenyal membuat colenak menjadi hidangan yang digemari oleh banyak orang.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300