Nasional

Apa Itu Coklit atau pencocokan dan penelitian Pemilu? Ini Pembahasannya

254
×

Apa Itu Coklit atau pencocokan dan penelitian Pemilu? Ini Pembahasannya

Share this article
Coklit Data Pemilih
Coklit Data Pemilih (Ilustrasi by: https://jateng.kpu.go.id/)

G24NEWS.TV, JAKARTA  — Indonesia akan merayakan pesta demokrasi 5 tahunan pada 2024 mendatang, berbagai  persiapan sudah dilakukan para penyelenggara Pemilu salah satunya adalah coklit atau pencocokan dan penelitian.

Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 telah secara resmi ditetapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022.

Salah satu tahapannya adalah pemutakhiran data pemilih melalui pencocokan dan penelitian. Proses coklit dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih yang dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga  Presiden Joko Widodo Resmikan LRT Terintegrasi di Jabodebek

Tahapan coklit data pemilih penting untuk memverifikasi dan memastikan data pemilih yang akurat dan mutakhir.

Apa Saja Berkas Yang Perlu Disiapkan?

Pelaksanaan pencocokan dan penelitian Pemilu 2024 dilakukan pada 12 Februari – 14 Maret 2023. Pantarlih akan mendatangi pemilih secara langsung. Oleh karena itu, perlu menyiapkan dokumen atau data administrasi kependudukan saat pencocokkan dan penelitian (coklit) di antaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2.  Kartu Keluarga (KK).
Baca Juga  Maju Bersama Gibran di Pilpres 2024, Prabowo: Kami Mohon Doa Restu Dari Seluruh Rakyat Indonesia

E-Coklit, Aplikasi Permudah Proses Tahapan Coklit

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengembangkan teknologi yang membantu proses coklit menjadi lebih mudah dan efisien yaitu menggunakan E-Coklit. Aplikasi ini digunakan Pantarlih untuk menginput data setelah melakukan coklit manual.  Maka dari itu, aplikasi e-Coklit ini wajib dimiliki dan digunakan oleh Pantarlih yang telah resmi dilantik oleh PSS kelurahan/desa setempat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, satu petugas Pantarlih hanya memiliki satu akun e-Coklit yang telah diregistrasi oleh pihak PPK.

 

 

 

 

banner 325x300