Daerah

Anggota DPR Puji Konsep ‘Mal Baca’ Perpustakaan Banda Aceh

294
×

Anggota DPR Puji Konsep ‘Mal Baca’ Perpustakaan Banda Aceh

Share this article
ke tempat buku
WhatsApp-Image-2022-12-18-at-08.21.17

G24NEWS.JAKARTA –  Wakil Ketua Komisi X DPR  Hetifah Sjaifudian meminta agar pengelolaan perpustakaan di sejumlah daerah lebih baik lagi dengan dilengkapi fasilitas yang mumpuni agar lebih nyaman untuk para pengunjung.

Hal itu disampaikan Hetifah seusai mengunjungi Perpustakaan Banda Aceh, Aceh,  Jumat (16/12). Dalam kunjungan itu, Hetifah memuji pola pengelolaan Perpustakaan Banda Aceh tersebut karena tanya hanya menjadi tempat membaca buku tapi juga dijadikan tempat melakukan berbagai literasi dengan konsep Mal Baca.

“Kami mengapresiasi Perpustakaan Banda Aceh saat kami mengunjungi Aceh pada masa reses ini. Saya melihatnya, Perpustakaan di Aceh membuat kami kagum,” kata Hetifah seperti keterangan tertulisnya, Minggu (18/12/2022)

Menurut Hetifah, beberapa catatan Komisi X DPR RI membuat pihaknya makin kagum. Pertama, lanjut Hetifah, perpustakaan Aceh tersebut semuanya telah memiliki fasilitas pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Baca Juga  Soedeson Tandra Terpilih jadi Dewan Pembina Persatuan Golf Indonesia

“Dengan fasilitas AC, tentu para pengunjung lebih betah berlama-lama sehingga membuat mereka lebih nyaman,” ujar Hetifah.

Lebih lanjut, Hetifah asal Fraksi Partai Golkar ini meminta seluruh pihak mencontohi pengelolaan perpustakaan di Aceh. Ia mencontohkan, perpustakaan di Aceh, ada 4 lantai dengan masing-masing lantai memiliki fungsi tersendiri sebagai tempat administrasi, tempat baca, pengolahan penelitian dan ruang khusus pertemuan untuk kegiatan literasi lainnya.

“Kesannya, perpustakaan di Aceh tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat membaca semata, tetapi juga tempat menjalankan berbagai kegiatan literasi lain, serta berbagai kegiatan transformasi pengetahuan,” ujar Hetigah.

Tak hanya itu, Hetifah mengungkapkan konsep Mall Baca pada perpustakaan di Aceh. Di mana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) telah membuat pojok bagi 10 komunitas literasi dengan istilah “Mall Baca” di kawasan Lamnyong, Kota Banda Aceh, Aceh.

Baca Juga  Perayaan Jelang HUT RI di Gowa Sulawesi Selatan

“Dengan konsep Mall Baca yang diusung dengan fasilitas yang mumpuni itu diharapkan semakin menarik minat baca warga sekitar. Kita berharap anak muda sebagai generasi penerus bangsa makin menyukai perpustakaan,” ujar Hetifah.

Pada kunjungan kerja (Reses) ke Aceh itu, hadir pula anggota DPR lainnya seperti Sofyan Tan, Fahmi Alaydroes, Zainuddin Maliki, Ratih Megasari, Bisri Romly, Andy M. Romly, Sakinah Aljufri, Haeri Amri, Debby Kurniawan, Bramantyo, Andreas Hugo Pariera, Adriana Dondokambey, Mustafa Kamal dan Tina Nuralam.

banner 325x300