Politik

Anggota Dewan Pakar TKN Pastikan Gibran Kuasai Substansi Debat Keempat

35
×

Anggota Dewan Pakar TKN Pastikan Gibran Kuasai Substansi Debat Keempat

Share this article
Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ist
Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, memastikan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menguasai substansi tema Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 pada Minggu (21/1/2024).

“Kami (TKN) sudah menyiapkan bahan-bahannya, sudah kami sampaikan. Mungkin, Jumat (19/1), kami akan ada pertemuan lagi untuk finishing touch (finalisasi),” kata Budiman usai diskusi KIPD AIPI terkait Perubahan Iklim dan Transisi Energi Berkeadilan di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Budiman mengungkapkan Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran membagi dua persiapan untuk debat cawapres itu, yakni terkait substansi dan penyampaian.

Khusus masalah substansi, Budiman mengatakan sebagian tema Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024, yang membahas sumber daya alam (SDA), masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria tersebut, telah cukup dikuasai oleh Gibran.

“Beberapa hal berkaitan dengan equality, Mas Gibran sudah berpengalaman. Kalau soal energi terbarukan, Mas Gibran juga pengalamannya sudah ada praktik-praktik di lapangan, di Kota Surakarta,” kata Budiman, seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, dia mengakui Tim Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran akan menekankan pendampingan terkait masalah reforma agraria, masyarakat adat, dan desa.

Baca Juga  Bawaslu Masifkan Sosialisasi Pemilu 2024

Pendampingan Khusus

Dia menjelaskan Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran memberikan pendampingan khusus terkait isu-isu yang dikuasai maupun kurang dikuasai oleh pasangan calon nomor urut 2 tersebut.

“Beberapa tema baru, misalnya tentang desa, nah, Mas Gibran kan pengalamannya kota. Soal reforma agraria dan masyarakat adat, memang tidak ada di wilayah kota. Itu kami intensif melakukan pendampingan soal itu,” jelasnya.

Budiman memastikan semua isu yang akan dibahas dalam debat mendatang akan dipelajari oleh Prabowo dan Gibran. Namun, dia menekankan saat debat nanti, situasi panggung akan sepenuhnya berada di tangan capres atau cawapres yang berdebat.

“Cawapres itu bukan suruhan kami. Tugas cawapres adalah dia yang menentukan di lapangan, di panggung, situasinya bagaimana. Yang kami sediakan sebagai Dewan Pakar adalah position dan substansi, sikap posisi cawapres kami,” ujar Budiman.

Baca Juga  Simak Perbedaan Aturan Penyelesaian Sengketa Pemilu yang Baru Menurut Bawaslu

Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 akan digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/1), dengan mengangkat tema terkait SDA, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300