Politik

AMKI: Program Makan Siang dan Susu Gratis Layak Masuk RAPBN 2025

31
×

AMKI: Program Makan Siang dan Susu Gratis Layak Masuk RAPBN 2025

Share this article
Ilustrasi makan siang gratis. Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/woman-in-purple-eating-3811663/
Ilustrasi makan siang gratis. Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/woman-in-purple-eating-3811663/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Angkatan Muda Koperasi Indonesia (AMKI) Frans Meroga Panggabean menilai program makan siang dan susu gratis layak masuk ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Hal tersebut dikarenakan program tersebut dinilai tepat untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan gizi sejak dini.

“Program ini sangat membantu mencegah stunting dengan meningkatkan gizi anak sekolah dan ibu hamil,” kata dia dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (27/2/2024).

Menurut dia, program tersebut layak mendapat anggaran yang besar lantaran harus digulirkan dalam skala nasional.

Selain itu, penyelenggaraan program makan siang dan susu gratis juga harus dipantau agar tepat sasaran ke warga yang membutuhkan.

Baca Juga  Juru Bicara TKN: Program Makan Siang Gratis Bermanfaat Untuk Akademik Anak

Karenanya, dia menilai program makan siang dan susu gratis ini harus menjadi perhatian khusus jajaran pasangan Prabowo-Gibran.

Selain memperbaiki gizi anak bangsa, program ini juga dinilai dapat meningkatkan pendapatan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah.

Gandeng UMKM

Hal tersebut dikarenakan pemerintah akan menggandeng UMKM dalam memenuhi kebutuhan makan siang dan susu gratis tersebut.

“Pelaku UMKM dan Koperasi juga pastinya akan menikmati pemberdayaan ekonomi sampai ke tingkat desa,” kata dia, seperti dilansir dari Antara.

Karenanya, dia berharap program tersebut dapat didukung semua lapisan masyarakat dan pihak lain demi kemajuan SDM bangsa.

Baca Juga  Gibran Belum Mau Berkomentar Soal Menteri Program Makan Siang Gratis

Hasil hitung sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengantongi perolehan suara 58,84 persen.

Di posisi dua ada pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebanyak 24,46 persen dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan perolehan suara 16,7 persen di posisi terakhir.

Hasil hitung sementara itu dikutip dari situs resmi KPU https://pemilu2024.kpu.go.id/ pada Selasa pukul 13.34 WIB.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300