Olahraga

Altlet Wushu Indonesia Menangkan 4 Medali Emas di FISU World University Games, Airlangga: Hasil Pembinaan Berjenjang

144
×

Altlet Wushu Indonesia Menangkan 4 Medali Emas di FISU World University Games, Airlangga: Hasil Pembinaan Berjenjang

Share this article
Timnas Wushu Indonesia memamerkan medali yang diperoleh pada kejuaraan The FISU World University Games 2021 Chengdu, Tionkok. Foto: Kemenpora
Timnas Wushu Indonesia memamerkan medali yang diperoleh pada kejuaraan The FISU World University Games 2021 Chengdu, Tionkok. Foto: Kemenpora

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Tim nasional wushu Indonesia memenangkan 4 medali emas dan 3 medali perak pada kejuaraan The FISU World University Games 2021 Chengdu.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya mengapresiasi keberhasilan ini.

Dia mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan PB WI serta perjuangan para altlet yang pantang menyerah dan gigih.

“Ini merupakan buah dari pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan PB WI dalam upaya meningkatkan prestasi wushu Indonesia,” jelas Airlangga Hartarto, di Jakarta, dikutip Jumat (4/8/2023).

Pesta Olahraga Universitas Dunia FISU 2021 atau dikenal dengan Chengdu 2021 adalah sebuah ajang olahraga yang diadakan oleh Federasi Olahraga Universitas Internasional.

Pesta olahraga ini awalnya dijadwalkan dari 16—27 Agustus 2021, tetapi karena terjadi pandemi Covid-19, diundur menjadi tahun ini, tepatnya tanggal 28 Juli hingga 8 Agustus 2023 di  Chengdu, Tiongkok.

Baca Juga  Ketum Golkar: AMPI Adalah Organisasi Berorientasi Pada Karya

Cabang olahraga wushu tercatat sebagai cabor satu-satunya sebagai penyumbang medali bagi Kontingen Merah Putih di ajang tersebut.

Atlet taolu putri Nandhira Mauriskha menyumbang 2 emas dan atlet taolu senior putra Edgar dengan 2 medali perak.

Trainning Camp di China

Atlet Sanda Indonesia yang juga menjalani Trainning Camp (TC) di China menunjukkan kemampuannya dengan menyumbangkan 2 emas dan 1 perak.

Dalam pertandingan final kelas 52 kg putri di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, Kamis (3/8/2023), Tharisa Dea Florentina berhasil merebut emas.

Mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini  sukses setlah mengalahkan Ruggieri MBV dari Perancis dengan skor 2-0.

Sebelumnya, Tharisa juga meraih kemenangan dengan skor yang sama atas Turksoy Hancer Harriye dari Turkiye di semifinal.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Indonesia Bawa 4 Agenda Ekonomi di KTT ASEAN Labuan Bajo

“Saya senang bisa naik di atas podium dengan menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia”.

“Terimakasih pak Ketum PB WI yang telah memberikan perhatian terhadap Timnas Wushu Indonesia dengan fasilitas TC di China,” kata Tharisa.

Ia mengatkan akan kembali konsentrasi menjalani program latihan untuk menghadapi persaingan ketat di Asian Games 2023 Hangzhou nanti.

“Saya akan berusaha mempertahankan medali emas untuk kembali disumbangkan bagi Kontingen Merah Putih,” tambahnya.

Kesuksesan Tharisa diikuti Laksmana Pandu Pratama yang tampil di kelas 52 kg Putra.

Di final, mahasiswa UNNES ini mengubur impuan Mehmet Demirci dari Turkiye dengan skor 2-0.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300