Nasional

Alhamdulillah, Bantuan Sosial Pangan Mulai Didistribusikan ke 13 Juta Keluarga Penerima

268
×

Alhamdulillah, Bantuan Sosial Pangan Mulai Didistribusikan ke 13 Juta Keluarga Penerima

Share this article
tangan memperlihatkan beras bansos atau bantuan sosial
beras bansos

G24NEWS.TV, JAKARTA–PT Pos Indonesia mulai menyebarkan Bansos pangan sebanyak 13 juta paket pada keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia mulai Rabu (5/4) lalu.

Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan  tiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram. Targetnya, distribusi bansos pangan akan selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2023.

Bansos pangan menurut dia akan disebarkan dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai April, kemudian Mei dan terakhir Juni.

“PT Pos Indonesia bertanggung distribusi bantuan kepada 13 juta dari jumlah total 21,3 juta penerima manfaat. Sedangkan sisa bantuan akan didistribusikan oleh mitra pemerintah yang lainnya,” ujar dia.

Baca Juga  Prabowo Berharap Indonesia Mampu Bangun Kapal Perang Teknologi Antideteksi Radar

Menurut Choiriana, bansos pangan berupa beras ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rapat dengan para menteri dan kepala lembaga terkait di Istana beberapa waktu yang lalu. Presiden Jokowi memutuskan untuk memberikan bantuan beras sebelum Lebaran dan berlangsung selama tiga bulan ke depan, sebagai upaya menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi.

Dengan pengalaman sukses dalam menyalurkan bantuan sosial sebelumnya, PT Pos Indonesia yakin mampu mencapai target yang ditetapkan. Distribusi bantuan sosial beras juga telah dimulai di wilayah paling timur Indonesia, seperti Jayapura, Fakfak, dan Merauke di Papua.

info grafis bansos beras
info grafis bansos beras

“Program ini untuk seluruh provinsi, termasuk daerah 3T (terpencil, tertinggal, terdepan). Kami bersama-sama Bulog mendistribusikan terlebih dahulu di Papua. Pemerintah berharap kami running dulu di wilayah Timur,” kata Siti Choiriana.

Baca Juga  BPNT - PKH Cair Mei: Perhatikan Hal Ini Agar Dana Cair Tepat Waktu

Untuk memastikan kelancaran distribusi bantuan sosial pangan, Choriana mengatakan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan aparat TNI-Polri untuk pengamanan. Dia menambahkan, “Kami mengambil beras dari gudang Bulog dan mendistribusikannya kepada keluarga penerima manfaat.”

Choriana meyakini bahwa dengan persiapan yang matang dan terorganisir dengan baik, penyaluran bantuan sosial pangan dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

Choriana berharap pembagian bantuan sosial beras ini dapat memberikan manfaat bagi para penerima dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

banner 325x300