Politik

Ketum Golkar Airlangga Jamin Gibran jadi Pusat Perhatian di Debat Cawapres

46
×

Ketum Golkar Airlangga Jamin Gibran jadi Pusat Perhatian di Debat Cawapres

Share this article
Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memastikan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, jadi pusat perhatian di Debat Cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Dia juga memastikan, Gibran bakal menguasai panggung debat bertemakan ekonomi itu selain menjadi pusat perhatian.

“Dijamin Mas Gibran menjadi perhatian semua,” kata Airlangga, di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Rabu (20/12).

Menko Perekonomian itu juga mengatakan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sudah menyiapkan Gibran untuk menghadapi debat dengan baik.

“Tentu tim TKN sudah mempersiapkan itu, dan kami yakin Mas Gibran akan memiliki pemahaman, dan siap berdebat,” katanya.

Baca Juga  Gelar Pengajian Akbar, Satkar Ulama Indonesia Akan Doakan Golkar dan Airlangga Hartarto

Airlangga juga mengakui, tiga kandidat Cawapres memiliki keahlian masing-masing, demikian juga Gibran.

“Kalau kita lihat background, Pak Mahfud ahli di bidang hukum, kalau Cak Imin bidang ketenagakerjaan dan parlemen. Jadi kalau di bidang ekonomi, ya istilahnya level play field, sama aja,” tutupnya.

Gibran Rakabuming Raka, B.Sc. adalah seorang pengusaha dan politikus asal Indonesia yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta sejak Februari 2021. Ia juga merupakan putra sulung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pada akhir tahun 2022, beberapa kelompok pendukung Jokowi mulai mendukung Gibran sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Restui Taufan Pawe Jadi Calon Gubernur Sulsel di Pilkada 2024

Pada saat pengesahan, kriteria untuk menjadi calon wakil presiden adalah berusia 40 tahun ke atas, sedangkan Gibran akan berusia 37 tahun pada pemilu.

Namun, pada tanggal 17 Oktober 2023, Mahkamah Konstitusi Indonesia mengeluarkan putusan yang menambahkan pengecualian terhadap usia minimum bagi individu yang terpilih menjadi kepala daerah.

Empat hari kemudian, pada 21 Oktober 2023, Partai Golkar yang tergabung dalam koalisi Prabowo Subianto mendeklarasikan Gibran sebagai calon wakil presiden dari partai tersebut.

Keesokan harinya, Prabowo mengumumkan Gibran sebagai cawapres resminya

banner 325x300