HeadlineNasional

Airlangga Hartarto Terus Muncul Sebagai Capres Musra Indonesia 

215
×

Airlangga Hartarto Terus Muncul Sebagai Capres Musra Indonesia 

Share this article
Airlangga Hartarto menggunakan kaus kuning.
Airlangga Hartarto Capres Partai Golkar

G24NEWS.TV, JAKARTA – Nama Airlangga Hartarto konsisten muncul sebagai calon presiden atau capres dalam berbagai Musyawarah Rakyat (Musra) dan selalu masuk dalam posisi tiga besar, ujar Ketua Musra Indonesia Andi Gani. 

Terakhir, hasil Musra Indonesia ke-16 di Yogyakarta juga menempatkan Airlangga Hartarto pada posisi tiga besar.   “Konsisten berada di tiga besar. Karakter Kepemimpinan Airlangga disebut sesuai dengan karakteristik masyarakat Jawa,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/2). 

Airlangga merupakan bakal calon presiden dari Partai Golkar memperoleh 717 suara atau 20,16 persen, dari total 3.557 voters yang mengikuti acara tersebut. Sementara itu, di urutan pertama ditempati oleh Prabowo Subianto sebanyak 1.074 suara atau 30,19 persen dan di urutan kedua Ganjar Pranowo sebanyak 907 suara atau 25,50 persen.

Sementara itu, Ketua Panitia Musra Indonesia Panel Barus mengatakan konsistensi perolehan suara yang didapat Airlangga di tiap Musra dikarenakan mesin partai sudah bergerak.

Barus menjelaskan, peserta yang hadir di Musra Indonesia selalu berbeda di tiap wilayah. Menurutnya perolehan suara yang diraih di tiap Musra adalah suara yang nyata. Sehingga pelaksanaan Musra bisa dijadikan gambaran untuk pemilu ke depannya.

Barus pun menegaskan, pihaknya tidak melarang mesin partai untuk melakukan pergerakan. Menurutnya, yang diharamkan oleh Musra adalah yang mengotak-atik hasil voting Musra.

Baca Juga  Airlangga Tanggapi Isu Hanya Ada 2 Poros di Pilpres 2024

Saat Musra XIII di Kota Surabaya Jawa Timur, nama Airlangga Hartarto juga muncul untuk diusung sebagai calon pada Pilpres 2024 oleh para peserta. 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh G24 News TV (@g24news.tv)

Tiga tokoh teratas yang muncul dalam Musra sebagai calon presiden adalah Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Sedangkan untuk calon wakil presiden adalah Mahfud MD, Erick Thohir, Moeldoko dan Sandiaga Uno.

“Kami akan menjaring suara dari semua lapisan masyarakat, dari kelompok buruh, kelompok tani, kelompok perempuan dan sebagainya. Kita merangkum semua provinsi di Indonesia. Musra juga diadakan di luar negeri, seperti Hongkong, Taipei, Kuala Lumpur dan Malaysia,” kata Barus.

Nama Airlangga juga terus berada di tiga besar capres musra, bahkan di beberapa wilayah, seperti Gorontalo, Sulawesi Barat, Banten, dan teranyar di Kalimantan Selatan, Airlangga unggul dan berada di urutan pertama.

Golkar Konsisten Usung Airlangga sebagai Capres 2024 

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menegaskan, partainya tetap mengajukan ketua umum Airlangga Hartarto sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang. Bergabungnya tokoh-tokoh seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) akan semakin menguatkan elektabilitas partai dan Airlangga, ujar Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono. 

Baca Juga  Airlangga Berharap Kegiatan Politik Tidak Menimbulkan Ketegangan

“Capres Partai Golkar tetap Airlangga Hartarto. Tidak ada perubahan,” ujar Dave pada G24NEWSTV. 

Dave yakin, elektabilitas Partai Golkar dan Airlangga Hartarto akan terus naik setelah Ridwan Kamil dan Pakde Karwo bergabung. Partai Golkar menurut dia juga terbuka terhadap tokoh-tokoh lain atau siapapun yang akan bergabung.

Menurut Dave, posisi Partai Golkar ini tidak berubah meski ada wacana yang akan menjagokan Ridwan Kamil dalam bursa calon presiden Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

“Golkar mengajukan Pak Airlangga sebagai capres. Kita belum bahas cawapres, nanti dulu,” ujar dia.

Untuk meningkatkan elektabilitas, Partai Golkar sudah memberikan instruksi pada Ridwan Kamil untuk menggelar safari keliling Jawa Barat. Safari politik ini juga akan dilakukan di Pulau Jawa oleh Ridwan Kamil. 

Menurut Dave Tujuannya adalah menyosialisasikan keberhasilan-keberhasilan Partai Golkar, di bawah ketua umum Airlangga Hartarto yang juga pemimpin tim ekonomi Presiden Joko Widodo. 

“Sejauh ini, kan, kami banyak bekerja, tetapi tidak terekspose,” ujar Dave.  “Jadwalnya sedang kami susun, kami mencoba menyesuaikan dengan jadwal beliau sebagai Gubernur Jawa Barat. Yang pasti, akan segera kami laksanakan.” 

banner 325x300