Ekonomi

Airlangga Hartarto: Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian Sangat Besar

202
×

Airlangga Hartarto: Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian Sangat Besar

Share this article
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan di acara silaturahmi di Kabupaten Cirebon dan Indramayu, di Hotel Prima Cirebon, Jumat (16/6/2023). Foto: golkar.indonesia
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan di acara silaturahmi di Kabupaten Cirebon dan Indramayu, di Hotel Prima Cirebon, Jumat (16/6/2023). Foto: golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional sangat besar.

Hal ini, jelasnya, menggerakkan Pemerintah untuk terus mendukung UMKM dapat naik kelas, di antaranya melalui penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Untuk tahun 2023, Pemerintah telah meningkatkan target penyaluran KUR menjadi sebesar Rp450 triliun rupiah,” jelas Ketua Umum DPP Partai Golkar ini dalam laman resmi Kemenko Perekonomian, dikutip Senin (19/6/2023).

Seluruh stakeholder, jelasnya, digerakkan agar target penyaluran KUR dapat tercapai, seiring dengan manfaat yang diterima oleh para pelaku UMKM.

Agenda Kerja di Cirebon

Pada pekan lalu, Airlangga Hartarto menutup agenda kunjungan kerja di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dia juga menghadiri Pameran Produk Unggulan UMKM Debitur KUR yang dikemas dalam acara UMKM BERSUKUR (Bercerita Sukses KUR).

Baca Juga  Airlangga Sebut Transformasi Ekonomi Dukung Indonesia Emas 2045 Lompatan Besar

Pada tempat itu, kegiatan produksi pada sebuah kabin pesawat yang telah dirombak untuk tempat pameran cara produksi UMKM.

Secara nasional, realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2023 sampai dengan 12 Juni 2023 telah mencapai 87,48 triliun rupiah dan diberikan kepada 1,6 juta debitur.

Khusus di Kota Cirebon, KUR telah terealisasi sebesar 63 miliar rupiah untuk 942 debitur.

Pemerintah juga terus mendorong para pelaku UMKM di segala sektor untuk memanfaatkan KUR yang disediakan Pemerintah agar permodalan tidak lagi menjadi hambatan UMKM untuk naik kelas.

”Sektornya terbuka luas, seperti tadi UMKM diberikan seluas-luasnya dan semudah- mudahnya. NPL relatif kecil, satu koma sekian persen,” jelas Menko Airlangga.

Baca Juga  Ini Aturan Pemerintah Soal THR Natal 2022, Sudah pada Terima Belum?

Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga menyaksikan penyaluran KUR Super Mikro.

Digelar juga penyerahan secara simbolis penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan santunan program Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan.

Serta, penyerahan santunan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaan.

Dia mengatakan Pemerintah berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong semangat UMKM di Indonesia.

Khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya, untuk terus meningkatkan kelas usahanya melalui KUR.

Pengusaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia, jelasnya, diharapkan ’terbang tinggi’ maju menjadi pengusaha yang hebat di masa yang akan datang.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lal

banner 325x300