HeadlineNasional

Airlangga Hartarto: Indonesia Bisa Masuki Fase Endemi Covid-19 Tahun Depan

373
×

Airlangga Hartarto: Indonesia Bisa Masuki Fase Endemi Covid-19 Tahun Depan

Share this article
airlangga jokowi
airlangga-jokowi

G24NEWS.TV-JAKARTA, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan Indonesia sudah masuk ke fase endemi COVID-19, ditandai dengan penurunan tren penularan penyakit ini.

“Sudah hampir 1 tahun Indonesia landai artinya berdasarkan kriteria dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) di level 1 dan itu sudah 12 bulan berjalan,” kata Airlangga di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/2).

“Artinya secara negara, sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi, dan ini sudah level 1, Indonesia bisa kita katakan bebas dari pandemi,” lanjut Airlangga.

Survey Antibodi

Menurut dia kasus harian COVID-19 juga sudah menurun menjadi di bawah 2.000 kasus dalam beberapa hari terakhir. Namun pemerintah terutama Kementerian Kesehatan terlebih dahulu harus menyelesaikan survey antibody sebelum menghentikan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Baca Juga  Sejarah Panjang Partai Golkar di Kabupaten Pangandaran

“Tentu masih ada persiapan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (untuk mencabut PPKM) antara lain sero survey, tapi Insyaallah ini bisa dilakukan,” jelas dia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penentuan status endemi Covid-19 merupakan kewenangan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

“Khusus mengenai pandemi ini, karena ini sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan. Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern (PHEIC), itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia yang akan meresmikan, kita tinggal menunggu saja prosesnya” ujar Budi Gunadi.

Baca Juga  Erwin Aksa: Partai Golkar Konsisten dengan Doktrin Karya Kekaryaan

Dicabut akhir tahun

Presiden Jokowi dalam kegiatan Outlook Perekonomian Indonesia 2023 mengatakan ada kemungkinan kebijakan PPKM akan dihentikan.

“Hari ini, kemarin, kasus harian kita berada di angka 1.200, dan mungkin nanti akhir tahun, kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita,” ujar Presiden Jokowi.

“Kita lihat saja bagaimana nanti prosesnya yang pasti cepat akan segera di-update oleh pihak terkait ” lanjut dia.

 

banner 325x300