HeadlineOlahraga

Airlangga Hartarto Apresiasi Penunjukan Kaesang jadi Ketum PSI, Bisa Tambah Kekuatan KIM

160
×

Airlangga Hartarto Apresiasi Penunjukan Kaesang jadi Ketum PSI, Bisa Tambah Kekuatan KIM

Share this article
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ist
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA — Airlangga Hartarto, ketua umum Partai Golkar mengapresiasi pengangkatan putera bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

PSI adalah partai yang tepat buat Kaesang, karena merupakan organisasi yang dekat dengan kalangan muda.  

“Bagus, karena itu partai anak muda,” ujar Airlangga. 

Kaesang, menurut Airlangga Hartarto bisa memberikan dampak positif bagi PSI. Kaesang Pangarep menjadi ketua umum menggantikan Giring Ganesha pada Senin (25/9). 

Kaesang menjadi ketum PSI setelah hanya berselang dua hari bergabung. 

Pilihan politik Kaesang ini berbeda dengan abangnya, yaitu Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka yang bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Baca Juga  PSN Goes to Campus, Mahasiswa Bandung Antusias Bahas Proyek Strategis Nasional

Abang ipar Kaesang, Bobby Nasution yang menikahi anak kedua Jokowi Kahiyang Ayu, juga menjadi Wali Kota Medan, Sumatra Utara melalui PDIP.

Menurut beberapa analis, PSI memang mengharapkan efek Jokowi atau “Jokowi’s effect” dengan menunjuk Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum.

Setidaknya ada 2-5 persen pendukung Jokowi yang diperkirakan akan memilih PSI. Tambahan suara dari “Jokowi’s effect” ini akan membuat PSI lolos ke DPR.

Secara teknis sudah gabung KIM 

Secara teknis, menurut Airlangga Hartarto, PSI sudah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Prabowo Subianto sebagai calon pada Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga  Jusuf Kalla: Perlu Upaya Keras Bentuk Koalisi Besar

Koalisi Indonesia Maju beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora. 

“Karena (PSI) belum secara resmi masuk, tapi secara teknis sudah. Dan PSI menjadi brother dan sister Partai Golkar,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/9/2023), dikutip dari video Kompas TV.

“Dalam pertemuan antara sekjen minggu lalu kan PSI hadir. PSI sudah beberapa kali hadir dalam rapat-rapat teknis,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian itu. 

“Tapi memang secara resmi (bergabung) belum,” sambungnya.

banner 325x300