Politik

Ahmad Doli Kurnia Ungkap Pentingnya Validasi DPT Pemilu 2024

72
×

Ahmad Doli Kurnia Ungkap Pentingnya Validasi DPT Pemilu 2024

Share this article
Ahmad Doli Kurnia Ungkap Pentingnya Validasi DPT
Ahmad Doli Kurnia Ungkap Pentingnya Validasi DPT

G24NEWS.TV, JAKARTA –   Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menjelaskan akan pentingnya memperhatikan  data validasi DPT atau Daftar Pemiih Tetap  yang terbaru.

Sebab, menurutnya, DPT selalu menjadi isu penting dikarenakan Indonesia belum mempunyai satu sistem basis data yang terintegrasi.

“DPT itu selalu menjadi isu setiap mau menjelang pemilu. Penyebabnya adalah kita memang belum punya sistem database kependudukan yang terintegrasi, sistematis gitu. Data penduduk kita itu masih bisa dilihat dari berbagai macam perspektif. Ada yang di konteks sosial, pertanian, ada di macam-macam,” terang Doli .

Selain belum memiliki sistem basis data yang terintegrasi, Politisi Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan pertumbuhan yang pesat dari pemilih pemula juga menjadi faktor lain terkait pentingnya validasi DPT.

Baca Juga  Bawaslu Daerah Diminta Persiapkan Diri Hadapi Sengketa

“Kemudian kita ini negara besar, terus berkembang, apalagi kita ini negara yang termasuk mengalami bonus demografi. Jadi percepatan pertumbuhan penduduk, anak muda ini (termasuk) para pemilih pemula ini kan juga cepat. Oleh karena itu memang harus diantisipasi (dibentuknya basis data yang terintegrasi),” sambungnya.

Legislator Dapil Sumatera Utara III ini kemudian mengingatkan pada seluruh penyelenggara pemilu di Kabupaten Karo untuk pentingnya koordinasi yang intensif dan terpadu antara penyelenggara dengan pemerintah daerah setempat, terutama Disdukcapil.

“Kalau misalnya selama ini komunikasinya bagus, saya kira itu dapat mengurangi masalah-masalah yang terjadi di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga  Golkar Jawa Barat Minta ASN di Pemkab Pangandaran agar Netral

Namun demikian, Doli menilai koordinasi antara penyelenggara Pemilu dengan pemerintah Kabupaten Karo sudah cukup baik. Hanya saja, ia meminta agar fokus kedepannya adalah mendata lebih lanjut para pemilih pemula terutama di sekolah-sekolah yang dinilai masih minim kesadarannya untuk membuat KTP, yang merupakan salah satu syarat terdaftar sebagai DPT.

“Karena kadang-kadang juga ada muncul ego sektoral, saling menahan data, tapi alhamdulillah kan saya dengar di Kabupaten Karo ini bagus. Ke depan tinggal dipetakan saja komunikasi antara KPU dengan Disdukcapil,” pungkas Doli.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300