Ekonomi

Agus Gumiwang Kartasasmita Optimistis Penjualan Kendaraan Listrik Naik Drastis

187
×

Agus Gumiwang Kartasasmita Optimistis Penjualan Kendaraan Listrik Naik Drastis

Share this article
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua DPP Golkar Bidang Perekonomian. Foto: Ist
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua DPP Golkar Bidang Perekonomian. Foto: Ist

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis penjualan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin meningkat drastis.

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Perekonomian ini mengatakan sepanjang tahun 2022, total kendaraan listrik yang terjual sebanyak 10 ribu unit.

Apalagi, saat ini berada di tengah momen yang menentukan pertumbuhan sektor otomotif.

Hal ini seiring kecepatan tinggi inovasi teknologi yang telah mengantarkan era baru mobilitas, dengan kendaraan listrik, kemampuan self-driving, dan praktik ramah lingkungan yang memengaruhi masa depan.

Untuk itu, dia mengatakan Pemerintah juga terus berupaya mencapai target pengembangan kendaraan listrik.

“Kami memiliki kebijakan untuk memastikan bahwa langkah ini menuju ke arah yang benar,” jelasnya, seperti dilansir dari laman resmi Kemenperin, dikutip Kamis (10/8/2023).

Program yang dilakukan mencakup keringanan dan potongan PPN, pembebasan bea masuk, dan pungutan lainnya

Baca Juga  Lodewijk Minta Masyarakat Tidak Panik Pembatasan Beras

Lebih jauh, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan industri otomotif selama ini telah berperan besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Indonesia International Auto Show

Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui capaian penjualan kendaraan bermotor roda empat sebanyak 26.658 unit atau senilai lebih dari Rp11 triliun pada perhelatan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

“Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Indonesia, kami mengucapkan selamat dan apresiasi terhadap penyelenggaraan GIIAS, dan para pelaku industri kendaraan bermotor roda empat atas kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan industri kendaraan bermotor,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Power Dinner GIIAS 2023 di Jakarta, Senin (7/8/2023) malam.

Menperin juga mengapresiasi gelaran GIIAS yang mempengaruhi tren kenaikan signifikan dari masyarakat yang tertarik untuk memiliki kendaraan teknologi elektrifikasi (xEV).

Baca Juga  Menteri Perindustrian Targetkan Indonesia Jadi Kampiun Industri Halal

Baik itu kendaraan berjenis hybrid maupun kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Hal ini akan memacu upaya pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya.

Pada GIIAS 2022, dari total mobil yang terjual, sekitar 1.594 unit merupakan kendaraan teknologi listrik.

Saat itu, pameran yang dihadiri 385.487 pengunjung, diikuti 25 merek kendaraan penumpang maupun komersial, 15 merek industri kendaraan roda dua, dan sejumlah industri karoseri yang juga turut berpartisipasi.

Menurut Menperin, selama bertahun-tahun, sektor otomotif Indonesia telah mengalami perubahan yang luar biasa, menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang penting bagi perekonomian nasional.

Email: Nyomanadikusum@G24 News

Editor: Lala Lala

 

banner 325x300